Desember 05, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

MDKA serap belanja modal sejumlah USD70 juta

Britama.com – Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) telah menyerap belanja modal sebesar USD70 juta sepanjang tahun ini. Sebelumnya, MDKA menganggarkan capex USD160 juta untuk tahun 2019. USD25 juta capex digunakan untuk peningkatan kapasitas produksi emas dan perak di Tujuh Bukit Oxide sementara USD15 juta untuk kegiatan eksplorasi endapan porfiri emas dan tembaga di Tujuh Bukit Porphyry, serta USD30 juta untuk menunjang operasional serta ekspansi tambang tembaga di Pulau Wetar, Maluku Barat Daya.

Salah satu serapan capex ini adalah untuk peningkatan kapasitas produksi di tambang Tujuh Bukit, Banyuwangi menjadi 8 juta ton per tahun. Meski realisasi penyerapan capex masih sebesar 43% dari rencana awal, namun seluruh proyek ekspansi masih berjalan sesuai rencana tahun 2019.

Oleh karena itu, MDKA akan merevisi rencana awal capex tersebut. Adapun peningkatan kapasitas produksi emas telah berpengaruh pada kinerja produksi MDKA tahun ini.

Pencapaian produksi emas MDKA telah melampaui target awal tahun yang sebesar 180.000 ounces (Oz) sehingga target direvisi menjadi 200.000 Oz hingga akhir tahun. Di samping itu, peningkatan kapasitas ini juga berpengaruh pada kinerja keuangan MDKA, di luar dari dorongan kenaikan harga emas yang belakangan ini terjadi. Pendapatan MDKA tumbuh 50% yoy menjadi US$ 324,28 juta.

Related posts