SMAR dapat peringkat idA+

Banner Image

Britama.com – Pefindo telah memberikan peringkat idA+ kepada Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) dengan prosepek atas peringkat perusahaan adalah stabil.

Peringkat mencerminkan bisnis model perusahaan yang terintegrasi dengan profil perkebunan yang baik, segmen bisnis dan area yang terdiversifikasi dengan baik, dan permintaan domestik yang kuat untuk minyak kelapa sawit.

Temukan Pilihan Terbaikmu!

Peringkat tersebut dibatasi oleh struktur permodalan yang agresif, ketergantungan terhadap pasokan bahan baku dari pihak eksternal, eksposur terhadap fluktuasi harga komoditas global, dan cuaca yang tidak menguntungkan.

Peringkat dapat dinaikkan apabila SMAR secara konsisten melampaui EBITDA yang ditargetkan dan secara signifikan memperbaiki struktur permodalan perusahaan. SMAR juga harus secara efisien mengelola siklus konversi kas untuk menjaga utang modal kerja sesuai dengan proyeksi.

Namun, peringkat dapat diturunkan jika perseroan menarik utang yang lebih tinggi tanpa dikompensasi dengan peningkatan profil bisnis. Pencapaian EBITDA yang secara signifikan lebih rendah dari yang diproyeksikan ditengah tingkat utang yang tinggi dan/atau siklus konversi kas yang lebih panjang secara terus menerus juga dapat memicu penurunan peringkat perusahaan.

Banner Image