November 30, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Batavia Properindo / BPFI dapat peringkat idBBB

Britama.com – Pefindo menegaskan peringkat idBBB untuk Batavia Prosperindo Finance Tbk (BPFI) dan obligasi berkelanjutan II/2018 yang masih beredar. Obligasi berkelanjutan I tahap II/2017 BPFI sebesar Rp300 miliar, akan jatuh tempo pada 5 Mei 2020.

Perseroan akan melunasi obligasi jatuh tempo tersebut dengan menggunakan penerimaan dari cicilan piutang bulanan sekitar Rp132,2 miliar dan fasilitas kredit yang belum ditarik sebesar Rp460,6 miliar per akhir Desember 2019. Perusahaan juga masih memiliki sisa plafond obligasi berkelanjutan II/2018 yang dapat diterbitkan sebesar Rp350 miliar.

Outlook dari peringkat Perusahaan adalah stabil. Adapun peringkat tersebut mencerminkan posisi BPFI yang stabil di segmen pembiayaan mobil bekas dan profil permodalan yang kuat. Namun, peringkat itu dibatasi oleh tingkat efisiensi usaha yang rendah, profil kualitas aset perusahaan yang moderat, dan ketatnya persaingan di industri pembiayaan.

Peringkat dapat dinaikkan apabila BPFI mampu memperkuat posisi usahanya di industri pembiayaan secara signifikan serta memperbaiki profil kualitas aset dan profitabilitas secara konsisten.

Di sisi lain, peringkat dapat diturunkan jika kualitas aset dan profitabilitas perusahaan mengalami penurunan secara signifikan. Peringkat juga dapat tertekan jika profil likuiditas perusahaan melemah secara signifikan.

Related posts