Desember 02, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Peringkat Obligasi SMGR berada di idAA

Britama.com – Pefindo menegaskan peringkat idAA kepada Semen Indonesia Tbk (SMGR) dan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) obligasi I tahun 2017 dan 2019. Outlook atas peringkat perusahaan adalah stabil.

Peringkat tersebut mencerminkan posisi pasar SMGR yang sangat kuat di industri semen, fasilitas produksi dan logistik perusahaan yang terdiversifikasi, serta leverage keuangan yang akan lebih konservatif. Namun, kompetisi yang ketat pada industri semen dan paparan terhadap volatilitas di sektor properti dan konstruksi membatasi peringkat.

Peringkat akan dinaikkan jika SMGR secara material dapat merealisasikan sinergi dengan Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB).

Hal ini juga harus diikuti dengan peningkatan profil keuangan secara berkelanjutan. Peringkat dapat diturunkan jika terdapat indikasi penurunan pangsa pasar dan penurunan profitabilitas yang materil akibat pelemahan harga sebagai akibat dari kelebihan pasokan semen.

Peringkat juga akan berada dalam tekanan apabila tingkat utang SMGR lebih tinggi dari ekpektasi dan tidak disertai dengan tambahan pendapatan yang memadai.

Related posts