September 19, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Obligasi MDLN diturunkan menjadi idBBB

Britama.com – Pefindo telah menurunkan peringkat Modernland Realty Tbk (MDLN) dan obligasi berkelanjutan I tahun 2015 seri B menjadi idBBB dari idA-. Penurunan peringkat mencerminkan ekspektasi Pefindo bahwa profil kredit MDLN akan tetap lemah karena permintaan properti yang juga lemah, baik di segmen perumahan maupun industri, didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang melambat, terutama akibat dampak wabah penyakit COVID-19.

Pefindo juga merevisi outlook peringkat perusahaan menjadi credit watch dengan implikasi negatif untuk mengantisipasi risiko pembiayaan kembali yang meningkat baik dari obligasi domestik senilai Rp150 miliar yang akan jatuh tempo pada Juli 2020 dan obligasi dolar AS senilai USD150 juta yang akan jatuh tempo pada Agustus 2021.

Adapun perubahan outlook juga untuk mengantisipasi pelemahan lebih lanjut pada profil kredit MDLN akibat depresiasi rupiah yang tajam, terutama kapasitas dalam melayani beban bunga karena beban bunga dari obligasi AS dibiarkan tidak terlindung sehingga mengekspos MDLN ke beban bunga yang lebih tinggi dari yang diproyeksikan sehingga berpotensi menyebabkan likuiditas terkikis.

Peringkat itu mencerminkan cadangan lahan MDLN yang besar, kualitas aset yang baik, dan marjin profitabilitas yang baik. Namun, peringkat dibatasi oleh struktur permodalan yang agresif dan proteksi arus kas perusahaan yang lemah, risiko pembiayaan kembali yang meningkat, serta konsentrasi proyek dan kurangnya recurring income.

Related posts