Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham PT Pradiksi Gunatama Tbk (PGUN)

britama.com, Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT Pradiksi Gunatama Tbk (PGUN) dilakukan oleh PT Investindo Nusantara Sekuritas (IN) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek, sedangkan PT Panin Sekuritas Tbk (GR) dan PT Panca Global Sekuritas (PG) selaku Penjamin Emisi Efek.

Adapun Jadwal Penawaran Umum Perdana Saham sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal Efektif
29 Jun 2020
Masa Penawaran
30 Jun – 01 Jul 2020
Tanggal Penjatahan
03 Jul 2020
Tanggal Distribusi Saham secara Elektronik
06 Jul 2020
Tanggal Pencatatan Saham pada BEI
07 Jul 2020

Jumlah Saham yang ditawarkan dalam IPO ini adalah sebanyak 900.000.000 lembar saham baru dengan Nilai Nominal Rp100,- dan Harga Penawaran Rp115,- per saham.

Rencana penggunaan dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya terkait emisi saham, akan digunakan seluruhnya, sebagai berikut:

  1. Sekitar 40% untuk belanja modal pembangunan infrastruktur, sebagai berikut: a. Sekitar 50% untuk membuka lahan dan tanaman baru, pertimbangan investasi ini dilakukan Perseroan untuk meningkatkan kapasitas produksi Tandan Buah Segar untuk keperluan Pabrik Kelapa Sawit, b. Sekitar 25% untuk pengembangan dermaga (jetty) pengangkutan hasil produk Tandan Buah Segar dan Pabrik Kelapa Sawit, c. Sekitar 12.5% untuk pembangunan berupa pengerasan jalan yang akan menghubungkan lokasi perkebunan dengan Pabrik Kelapa Sawit, dan d. Sekitar 12.5% untuk membangun fasilitas perumahan karyawan tahap ke 2 yang berada di sekitar lokasi operasional Perseroan; dan
  2. Sekitar 60% untuk modal kerja yaitu untuk pembelian pupuk, Tandan Buah Segar dan operasional lainnya.

PT Pradiksi Gunatama didirikan pada tanggal 11 September 1995. Kantor pusat PT Pradiksi Gunatama berlokasi di Equity Tower Building Lt. 47, Sudirman Central Business District (SCBD) Jl. Jenderal Sudriman, Kav 52-53, lot 9., Jakarta 12190, Indonesia.

Ruang lingkup kegiatan usaha PT Pradiksi Gunatama adalah bergerak dalam bidang pertanian, kehutanan dan perikanan, industri pengolahan konstruksi serta pengangkutan. Saat ini, kegiatan usaha utama PGUN adalah bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit dan industri minyak kelapa sawit dan minyak inti kelapa sawit.

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT Pradiksi Gunatama dimiliki oleh PT Araya Agro Lestari (50,00%) dan PT Citra Agro Raya (50,00%).