November 24, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

BBTN dapat peringkat Obligasi idAA+ dari Pefindo

Britama.com – Pefindo menegaskan peringkat idAA+ untuk Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) dan obligasi perusahaan yang masih beredar.

Pada saat yang sama, Pefindo menetapkan peringkat idAA+ untuk obligasi berkelanjutan IV BBTN dengan nilai sebesar-besarnya Rp8 triliun, termasuk rencana emisi tahap I/2020 senilai Rp1,5 triliun. Prospek dari peringkat perusahaan adalah stabil. Peringkat tersebut mencerminkan dukungan yang sangat kuat dari pemerintah Indonesia sebagai pemegang saham pengendali, posisi usaha yang sangat kuat di segmen Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan profil permodalan yang kuat.

Namun peringkat tersebut dibatasi oleh kualitas aset yang di bawah rata-rata karena segmen konstruksi dan komersial, serta tingkat profitabilitas yang moderat. Peringkat Bank dapat dinaikkan jika Pefindo menilai terdapat kenaikan tingkat dukungan dari pemerintah, yang dapat terjadi jika BBTN dapat secara konsisten dan substansial meningkatkan profil profitabilitas dan kualitas asetnya.

Hal ini harus diikuti dengan kenaikan profil usaha secara keseluruhan, termasuk kontribusi dana murah. Di sisi lain, peringkat Bank dapat diturunkan jika terjadi penurunan tingkat dukungan dari pemerintah kepada BBTN, misalnya karena peran yang menurun dalam program pemerintah. Peringkat tersebut juga dapat mengalami tekanan jika profil permodalan dan indikator likuiditas Bank memburuk secara signifikan.

Related posts