Jadwal Rights Issue I (PMHMETD I) ASSA / Adi Sarana Armada Tbk 2021

britama.com, Jadwal Rights Issue I (Penambahan Modal Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu I / PMHMETD I) ASSA / Adi Sarana Armada Tbk dan “International Finance Corporation sebagai pembeli siaga”.

Sebanyak 600.000.000 unit Obligasi Konversi atau dengan jumlah pokok Rp720.000.000.000,- akan diterbitkan dalam PMHMETD ini. Dengan rasio pembagian Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) adalah setiap 453 saham lama Adi Sarana Armada Tbk yang dimiliki akan mendapatkan 80 HMETD, dimana setiap pemegang 1 HMETD berhak untuk membeli 1 unit Obligasi Konversi ASSA dengan Harga Pelaksanaan sebesar Rp1.200,-. Obligasi Konversi dalam PMHMETD I ini diterbitkan tanpa warkat (scripless). Obligasi Konversi tersebut dapat dikonversi pada harga konversi sebesar Rp1.200,- per saham. Nilai nominal Saham Hasil Konversi adalah sebesar Rp100 per lembar Saham.

Konversi dari Obligasi Konversi menjadi saham dapat dilakukan sejak Tanggal Emisi (27 Juli 2021) hingga sebelum tanggal jatuh tempo Obligasi Konversi yaitu 2 tahun sejak Tanggal Emisi yaitu pada tanggal 27 Juli 2023. Apabila Obligasi Konversi tidak dikonversikan selama masa konversi, maka Obligasi Konversi menjadi jatuh tempo pada 2 tahun sejak Tanggal Emisi yaitu pada tanggal 27 Juli 2023. Obligasi Konversi dapat diperdagangkan dan akan dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia.

Apabila Obligasi Konversi tidak dikonversi menjadi saham pada Tanggal Jatuh Tempo, maka Perseroan wajib melunasi Obligasi Konversi pada Tanggal Pelunasan Nilai Pokok Obligasi Konversi atau pembayaran lebih awal, ditambah dengan yield to maturity sebesar 3,5% per tahun dari Nilai Pokok Obligasi Konversi, yang diperhitungkan sejak Tanggal Emisi sampai dengan Tanggal Pelunasan Nilai Pokok Obligasi Konversi, ditambah 1% dari Nilai Pokok Obligasi Konversi pada saat Tanggal Pelunasan Nilai Pokok Obligasi Konversi atau pada tanggal pembayaran atau pelunasan lebih awal yang berlaku.

Setiap HMETD dalam bentuk pecahan akan dibulatkan ke bawah (round down).

PT Adi Dinamika Investindo adalah Pemegang Saham Utama Perseroan, menyatakan tidak akan melaksanakan seluruh haknya untuk membeli Obligasi Konversi yang ditawarkan dalam PMHMETD I dan akan mengalihkan 150.454.940 HMETD miliknya kepada International Finance Corporation.

PT Daya Adicipta Mustika adalah Pemegang Saham Perseroan, menyatakan tidak akan melaksanakan seluruh haknya untuk membeli Obligasi Konversi yang ditawarkan dalam PMHMETD I dan akan mengalihkan 115.037.527 HMETD miliknya kepada International Finance Corporation.

Drs. Prodjo Sunarjanto Sekar Pantjawati adalah Pemegang Saham Perseroan, menyatakan tidak akan melaksanakan seluruh haknya untuk membeli Obligasi Konversi yang ditawarkan dalam PMHMETD I dan akan mengalihkan 59.984.105 HMETD miliknya kepada International Finance Corporation.

Ir. T. Permadi Rachmat adalah Pemegang Saham Perseroan, menyatakan tidak akan melaksanakan seluruh haknya untuk membeli Obligasi Konversi yang ditawarkan dalam PMHMETD I dan akan mengalihkan 31.288.918 HMETD miliknya kepada International Finance Corporation.

Erida adalah Pemegang Saham Perseroan, Erida menyatakan tidak akan melaksanakan seluruh haknya untuk membeli Obligasi Konversi yang ditawarkan dalam PMHMETD I dan akan mengalihkan 19.168.494 HMETD miliknya kepada International Finance Corporation.

International Finance Corporation menyatakan akan menerima pengalihan dan melaksanakan seluruh HMETD yang diterima dari PT Adi Dinamika Investindo, PT Daya Adicipta Mustika, Drs. Prodjo Sunarjanto Sekar Pantjawati, Ir. T. Permadi Rachmat, dan Erida.

Jika Obligasi Konversi yang ditawarkan dalam PMHMETD I ini tidak seluruhnya diambil oleh pemegang HMETD porsi publik, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang HMETD lainnya yang telah melakukan pemesanan lebih besar dari haknya sebagaimana tercantum dalam Sertifikat Bukti HMETD atau Formulir Pemesanan Pembelian Obligasi Konversi, secara proporsional berdasarkan hak yang telah dilaksanakan.

Apabila setelah alokasi tersebut masih terdapat sisa HMETD yang belum dilaksanakan, maka seluruh Obligasi Konversi yang tersisa akan diambil bagian oleh International Finance Corporation seluruhnya secara tunai. Saham hasil Obligasi Konversi ini seluruhnya merupakan saham yang dikeluarkan dari portepel Perseroan yang memiliki hak yang sama dan sederajat dalam segala hal termasuk hak atas dividen dengan saham yang telah disetor penuh lainnya.

Rencana Penggunaan Dana yang di peroleh dari hasil PMHMETD I setelah di kurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan dipergunakan, sebagai berikut:

  1. Sebesar Rp639.285.595.233,- untuk pelunasan dan pembayaran atas sebagian pinjaman bank Perseroan;
  2. Sekitar Rp18.522.000.000,- untuk penyetoran modal kepada PT Adi Sarana Logistik yang akan digunakan untuk pengembangan lini usaha “titipaja” di bidang jasa pergudangan (warehouse)” dimana untuk usaha ini PT Adi Sarana Logistik tidak memerlukan perizinan baru karena saat ini masih memiliki status sewa gudang dengan pihak ketiga. Dengan demikian, kewajiban kepemilikan perizinan untuk usaha penyimpanan barang di gudang ini adalah Tanda Daftar Gudang (TDG) ada di pemilik gudang/ lahan. Apabila dikemudian hari PT Adi Sarana Logistik menggunakan gudang dari tanah dan bangunan sendiri, maka PT Adi Sarana Logistik wajib memiliki TDG untuk menjalankan kegiatan usahanya; dan
  3. Sisanya untuk modal kerja Perseroan mencakup namun tidak terbatas pada biaya asuransi atas kendaraan yang disewakan dan/atau untuk membiayai kegiatan operasional Perseroan lainnya.

Untuk diketahui, pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Adi Sarana Armada Tbk sebelum PMHMETD I ini yaitu: PT Adi Dinamika Investindo (25,08%), PT Daya Adicipta Mustika (19,17%), Drs. Prodjo Sunarjanto Sekar Pantjawati (10,00%) dan Ir. T. Permadi Rachmat (5,21%).

Adapun jadwal kegiatan Rights Issue I tersebut sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal perdagangan bursa yang memuat HMETD (Cum HMETD) di Pasar Reguler dan Nego
12 Jul 2021
Tanggal perdagangan bursa tidak memuat HMETD (Ex HMETD) di Pasar Reguler dan Nego
13 Jul 2021
Tanggal perdagangan bursa yang memuat HMETD (Cum HMETD) di Pasar Tunai
14 Jul 2021
Tanggal perdagangan bursa tidak memuat HMETD (Ex HMETD) di Pasar Tunai
15 Jul 2021
Tanggal daftar pemegang saham yang berhak menerima HMETD (Recording Date)
14 Jul 2021
Tanggal distribusi HMETD
15 Jul 2021
Tanggal Pencatatan HMETD di Bursa Efek Indonesia (BEI)
16 Jul 2021
Periode Perdagangan HMETD
16 – 23 Jul 2021
Periode Pelaksanaan HMETD
16 – 23 Jul 2021
Periode Penyerahan Obligasi Konversi Hasil Pelaksanaan HMETD
27 Jul 2021
Tanggal Terakhir Pembayaran Pemesanan Tambahan Obligasi Konversi
25 Jul 2021
Tanggal Penjatahan Efek Tambahan Obligasi Konversi
27 Jul 2021
Tanggal Pembayaran Penuh oleh Pembeli Siaga
27 Jul 2021
Tanggal pengembalian uang yang tidak memperoleh penjatahan Obligasi Konversi
29 Jul 2021