Jadwal Rights Issue III (PUT III) TPIA / Chandra Asri Petrochemical Tbk 2021

britama.com, Jadwal Rights Issue III (Penawaran Umum Terbatas III / PUT III) TPIA / Chandra Asri Petrochemical Tbk dan “PT TOP Investment Indonesia sebagai pembeli siaga”.

Sebanyak 3.794.366.013 Saham Baru akan diterbitkan dalam PUT ini. Dengan rasio pembagian Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) adalah setiap 47 saham lama Chandra Asri Petrochemical Tbk yang dimiliki akan mendapatkan 10 HMETD, dimana setiap pemegang 1 HMETD berhak untuk membeli 1 Saham Baru TPIA dengan nilai nominal Rp200,- setiap saham, dengan harga pelaksanaan Rp4.082,- per saham.

Setiap HMETD dalam bentuk pecahan akan dibulatkan ke bawah (round down).

Barito Pacific Tbk (BRPT) selaku pemegang 41,88% saham Perseroan tidak akan melaksanakan seluruh porsi HMETD dan akan mengalihkan HMETD yang akan diperoleh secara proporsional sesuai dengan porsi kepemilikan saham pada Perseroan kepada PT TOP Investment Indonesia.

SCG Chemicals Company Limited selaku pemegang 30,57% saham Perseroan menyatakan akan melaksanakan HMETD yang dimiliki sesuai dengan porsi kepemilikannya dalam PUT III ini.

Prajogo Pangestu selaku pemegang 13,33% saham Perseroan tidak akan melaksanakan seluruh porsi HMETD dan akan mengalihkan HMETD yang akan diperoleh secara proporsional sesuai dengan porsi kepemilikan saham pada Perseroan kepada PT TOP Investment Indonesia.

Marigold Resources Pte. Ltd. selaku pemegang 4,75% saham Perseroan tidak akan melaksanakan seluruh porsi HMETD dan akan mengalihkan HMETD yang akan diperoleh secara proporsional sesuai dengan porsi kepemilikan saham pada Perseroan kepada PT TOP Investment Indonesia.

PT TOP Investment Indonesia menyatakan akan melaksanakan HMETD yang diperolehnya dari Barito Pacific Tbk (BRPT), Prajogo Pangestu, dan Marigold dan akan bertindak sebagai Pembeli Siaga. Selain itu, Prajogo Pangestu dan PT TOP Investment Indonesia juga telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat tanggal 29 Juli 2021 sehubungan dengan penjualan saham milik Prajogo Pangestu dalam Perseroan kepada PT TOP Investment Indonesia (PJBB).

Apabila saham yang ditawarkan dalam PUT III ini tidak seluruhnya diambil oleh pemegang saham atau pemegang bukti HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang saham lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya seperti yang tercantum dalam Sertifikat Bukti HMETD atau Formulir Pemesanan dan Pembelian Saham Tambahan, secara proporsional berdasarkan atas jumlah HMETD yang telah dilaksanakan oleh masing-masing pemegang saham yang meminta penambahan saham.

Jika setelah alokasi tersebut masih tersisa jumlah Saham Baru yang tidak dilaksanakan dan/atau diambil bagian oleh pemegang HMETD, maka PT TOP Investment Indonesia sebagai Pembeli Siaga akan membeli seluruh sisa Saham Baru yang diterbitkan pada harga pelaksanaan setiap Saham Baru sebagaimana diatur di dalam Perjanjian Pembelian Siaga.

Rencana Penggunaan Dana yang di peroleh dari hasil PUT III setelah di kurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan untuk pembangunan pabrik baru berupa komplek petrokimia terintegrasi oleh entitas anak Perseroan, PT Chandra Asri Perkasa (CAP-2) yang antara lain terdiri dari pabrik naphta cracker, pabrik polymer serta fasilitas dan utilitas terkait untuk menunjang operasional pabrik diantaranya seperti power supply, boiler, water treatment, jetty dan tangki penyimpanan. Hal ini sejalan dengan strategi Perseroan untuk memperluas kapasitas produksi dan skala usaha dalam melayani kebutuhan pasar Indonesia. Dana hasil PUT III HMETD akan disalurkan kepada PT Chandra Asri Perkasa (CAP-2) melalui penyertaan modal.

Untuk diketahui, pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Chandra Asri Petrochemical Tbk sebelum PUT III ini yaitu: Barito Pacific Tbk (BRPT) (41,88%), SCG Chemicals Company Limited (30,57%) dan Prajogo Pangestu (13,33%).

Adapun jadwal kegiatan Rights Issue III tersebut sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal perdagangan bursa yang memuat HMETD (Cum HMETD) di Pasar Reguler dan Nego
30 Ags 2021
Tanggal perdagangan bursa tidak memuat HMETD (Ex HMETD) di Pasar Reguler dan Nego
31 Ags 2021
Tanggal perdagangan bursa yang memuat HMETD (Cum HMETD) di Pasar Tunai
01 Sep 2021
Tanggal perdagangan bursa tidak memuat HMETD (Ex HMETD) di Pasar Tunai
02 Sep 2021
Tanggal daftar pemegang saham yang berhak menerima HMETD (Recording Date)
01 Sep 2021
Tanggal distribusi HMETD
02 Sep 2021
Tanggal Pencatatan HMETD di Bursa Efek Indonesia (BEI)
03 Sep 2021
Periode Perdagangan HMETD
03 – 09 Sep 2021
Periode Pelaksanaan HMETD
03 – 09 Sep 2021
Periode Penyerahan Saham Hasil Pelaksanaan HMETD
07 – 13 Sep 2021
Tanggal Terakhir Pembayaran Pemesanan Saham Tambahan
13 Sep 2021
Tanggal Penjatahan Efek Tambahan
14 Sep 2021
Tanggal pengembalian uang yang tidak memperoleh penjatahan
16 Sep 2021

Mengenai Pembeli Siaga, PT TOP Investment Indonesia didirikan pada tanggal 12 Juli 2021 dan berdomisili di Gedung Synergy, Lantai 12, Unit 08, Jl. Jalur Sutera Barat No. 17, Kel. Panunggangan Timur, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Provinsi Banten. PT TOP Investment Indonesia bergerak di bidang jasa konsultansi manajemen. Pemegang saham PT TOP Investment Indonesia adalah Thai Oil Public Company Limited 999 lembar (99,999%) dan Thaioil Treasury Center Company Limited 1 lembar (0,001%).