Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham PT GTS Internasional Tbk (GTSI)

britama.com, Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT GTS Internasional Tbk (GTSI) dilakukan oleh PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (LS/RELI) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Adapun Jadwal Penawaran Umum Perdana Saham sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal Efektif
31 Ags 2021
Masa Penawaran
2 – 6 Sep 2021
Tanggal Penjatahan
6 Sep 2021
Tanggal Distribusi Saham secara Elektronik
7 Sep 2021
Tanggal Pencatatan Saham pada BEI
8 Sep 2021

Jumlah Saham yang ditawarkan dalam IPO ini adalah sebanyak 2.400.000.000 lembar saham baru dengan Nilai Nominal Rp50,- dan Harga Penawaran Rp100,- per saham.

Rencana penggunaan dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya terkait emisi saham, akan digunakan seluruhnya, sebagai berikut:

  1. Sekitar 64% untuk pinjaman kepada PT Anoa Sulawesi Regas (ANOA), dengan perkiraan suku bunga 7% per tahun dan jangka waktu pinjaman selama 8 tahun serta grace period 2 tahun. Adapun penggunaan pinjaman tersebut adalah dalam rangka membangun permanent FSRU (Floating Storage Regasification Unit) yang direncanakan akan dimulai pada kuartal ke-4 tahun 2021. Jangka waktu pembangunan yang dibutuhkan sekitar 24 bulan dan diperkirakan akan memerlukan dana sebesar USD 55 juta. Nilai asumsi kurs yang dipergunakan adalah sebesar Rp14.300/USD. Dalam hal dana tersebut telah dibayarkan kembali kepada Perseroan, akan dipergunakan untuk melakukan investasi dalam rangka pengembangan usaha Perseroan dimasa yang akan datang termasuk namun tidak terbatas pada modal kerja dan belanja modal;
  2. Sekitar 20% untuk modal kerja Perseroan seperti operasional Perseroan yang meliputi antara lain termasuk tetapi tidak terbatas pada cadangan docking, membangun war room sistem akuntansi dan keuangan, serta shipping monitoring online system; dan
  3. Sekitar 16% untuk penyertaan modal kepada ANOA dengan nilai asumsi kurs sebesar Rp14.300/USD;

PT GTS Internasional didirikan pada tanggal 29 Juni 2012. Kantor pusat PT GTS Internasional berlokasi di Mangkuluhur City Tower One Lantai 26, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 1-3, Jakarta 12930, Indonesia.

Ruang lingkup kegiatan usaha PT GTS Internasional adalah bergerak dalam bidang transportasi laut dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan transportasi laut. Saat ini, kegiatan usaha utama GTSI adalah bergerak dalam bidang pengiriman gas alam cair (LNG / Liquefied natural gas) dan menyediakan jasa manajemen kapal kepada pemilik-pemilik kapal. Perusahaan telah memperoleh Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Departemen Perhubungan pada tanggal 18 Desember 2019.

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT GTS Internasional dimiliki oleh PT Hateka Trans Internasional (99,96%) dan Koperasi Karyawan Bhakti Samudra (0,04%).