Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham PT Kedoya Adyaraya Tbk (RSGK)

britama.com, Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT Kedoya Adyaraya Tbk (RSGK) dilakukan oleh PT Buana Capital Sekuritas (RF) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Adapun Jadwal Penawaran Umum Perdana Saham sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal Efektif
31 Ags 2021
Masa Penawaran
2 – 6 Sep 2021
Tanggal Penjatahan
6 Sep 2021
Tanggal Distribusi Saham secara Elektronik
7 Sep 2021
Tanggal Pencatatan Saham pada BEI
8 Sep 2021

Jumlah Saham yang ditawarkan dalam IPO ini adalah sebanyak 185.940.000 lembar saham baru dengan Nilai Nominal Rp200,- dan Harga Penawaran Rp1.720,- per saham.

Rencana penggunaan dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya terkait emisi saham, akan digunakan seluruhnya, sebagai berikut:

  1. Sekitar 14% untuk pengembangan RS Grha Kedoya, dengan rincian sebagai berikut: (i) sekitar 49% untuk penambahan fasilitas baru berupa bangunan BPJS yang rencananya akan dilakukan pada tahun 2023; (ii) sekitar 13% untuk pengembangan sistem teknologi informasi terkini yang rencananya akan dimulai pada tahun 2022; dan (iii) sisanya untuk modal kerja, terutama dalam hal menjaga kelancaran arus kas untuk memenuhi biaya operasional dan persediaan;
  2. Sekitar 45% dalam bentuk pinjaman ke PT Sinar Medika Sejahtera, yang akan digunakan PT Sinar Medika Sejahtera untuk: a. sekitar 81% untuk pembayaran sebagian utang PT Sinar Medika Sejahtera di Bank Permata Tbk (BNLI) pada tahun 2021; b. sekitar 3% untuk pengembangan sistem teknologi informasi terkini di RS Grha MM2100 yang rencananya akan dimulai pada tahun 2022; c. sekitar 11% untuk modal kerja, dalam hal menjaga kelancaran arus kas untuk memenuhi biaya operasional dan persediaan; dan xii d. sisanya akan disalurkan ke PT Sinar Medika Farma dalam bentuk pinjaman, yang akan digunakan untuk modal kerja PT Sinar Medika Farma berupa pemenuhan biaya operasional dan persediaan; dan
  3. Sisanya untuk pinjaman ke PT Sinar Medika Sutera (d/h PT Sinar Medika Alam Sutera), yang akan digunakan PT Sinar Medika Sutera untuk: (i) sekitar 87% untuk pembangunan rumah sakit baru, yaitu Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA), di Alam Sutera, Kota Tangerang, Banten, yang dimiliki oleh PT Sinar Medika Sutera yang rencananya akan dimulai pada tahun 2021; dan (ii) sisanya akan digunakan untuk modal kerja berupa pemenuhan biaya persiapan pembukaan rumah sakit, persediaan dan biaya lainnya yang rencananya akan diberikan pada tahun 2023 sebelum RSIA beroperasi pada awal tahun 2024;

PT Kedoya Adyaraya didirikan pada tanggal 11 Juni 1990. Kantor pusat PT Kedoya Adyaraya berlokasi di RS Grha Kedoya, Jalan Panjang Arteri No. 26, Kedoya Utara Kebon Jeruk, Jakarta 11520, Indonesia.

Ruang lingkup kegiatan usaha PT Kedoya Adyaraya adalah bergerak dalam bidang jasa kesehatan. Saat ini, kegiatan usaha utama RSGK adalah bergerak dalam bidang Aktivitas Rumah Sakit Swasta, Praktik Dokter Umum, Praktik Dokter Spesialis, Praktik Dokter Gigi, Pelayanan Kesehatan yang dilakukan oleh Paramedis, Perdagangan Eceran Barang Farmasi di Apotek, dan Poliklinik Swasta.

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT Kedoya Adyaraya dimiliki oleh PT Medikatama Sejahtera (50,00%), PT Bestama Medikacenter Investama (27,50%) dan PT United Gramedo (22,50%).