Jadwal Rights Issue III (PUT III) BINA / Bank Ina Perdana Tbk 2021

britama.com, Jadwal Rights Issue III (Penawaran Umum Terbatas III / PUT III) BINA / Bank Ina Perdana Tbk dan “tidak ada pembeli siaga”.

Sebanyak-banyaknya 282.718.750 Saham Baru akan diterbitkan dalam PUT ini. Dengan rasio pembagian Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) adalah setiap 20 saham lama Bank Ina Perdana Tbk yang dimiliki akan mendapatkan 1 HMETD, dimana setiap pemegang 1 HMETD berhak untuk membeli 1 Saham Baru BINA dengan nilai nominal Rp100,- setiap saham, dengan harga pelaksanaan Rp4.200,- per saham.

Setiap HMETD dalam bentuk pecahan akan dibulatkan ke bawah (round down).

PT Indolife Pensiontama sebagai Pemegang Saham Pengendali menyatakan akan melaksanakan HMETD yang menjadi haknya dalam PUT III.

Apabila saham yang ditawarkan dalam PUT III ini tidak seluruhnya diambil oleh Pemegang Saham atau pemegang bukti HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada Pemegang Saham lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya secara proporsional berdasarkan atas jumlah HMETD yang telah dilaksanakan oleh masing-masing Pemegang Saham yang meminta penambahan efek berdasarkan Harga Pelaksanaan. Apabila setelah alokasi tersebut masih terdapat sisa saham yang ditawarkan, maka saham tersebut tidak akan dikeluarkan dari portepel.

Rencana Penggunaan Dana yang di peroleh dari hasil PUT III setelah di kurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja terkait pelaksanaan kegiatan operasional serta pengembangan usaha Perseroan, sesuai dengan strategi Perseroan untuk menerapkan digitalisasi dalam proses bisnis Perseroan. Pengembangan usaha yang dimaksud merupakan pengembangan usaha yang dikategorikan sebagai Operational Expenditure, dimana Perseroan melakukan pengembangan digitalisasi melalui kerjasama managed service dengan vendor (pihak ketiga) sehingga Perseroan tidak berinvestasi langsung dengan membeli aset atau peralatan. Biaya IT untuk pengembangan digitalisasi terutama untuk software license yang bersifat subscription dan infrastructure yang bekerjasama dengan cloud provider dan managed service provider, pembayarannya dilakukan secara berkala yaitu per tahun. Adapun dengan dana yang diperoleh dari hasil pelaksanaan PUT III ini, maka Perseroan juga memenuhi persyaratan Modal Inti yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Peraturan OJK No. 12/2020 mengenai Konsolidasi Bank Umum.

Untuk diketahui, pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Bank Ina Perdana Tbk sebelum PUT III ini yaitu: PT Indolife Pensiontama (22,47%), Liontrust S/A NS Asean Financial Fund (18,29%), PT Samudra Biru (16,51%), DBS Bank LTD S/A LTSL As Trustee of NS Financial Fund (10,50%), PT Gaya Hidup Masa Kini (9,98%) dan PT Philadel Terra Lestari (7,25%).

Adapun jadwal kegiatan Rights Issue III tersebut sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal perdagangan bursa yang memuat HMETD (Cum HMETD) di Pasar Reguler dan Nego
29 Nov 2021
Tanggal perdagangan bursa tidak memuat HMETD (Ex HMETD) di Pasar Reguler dan Nego
30 Nov 2021
Tanggal perdagangan bursa yang memuat HMETD (Cum HMETD) di Pasar Tunai
01 Des 2021
Tanggal perdagangan bursa tidak memuat HMETD (Ex HMETD) di Pasar Tunai
02 Des 2021
Tanggal daftar pemegang saham yang berhak menerima HMETD (Recording Date)
01 Des 2021
Tanggal distribusi HMETD
02 Des 2021
Tanggal Pencatatan HMETD di Bursa Efek Indonesia (BEI)
03 Des 2021
Periode Perdagangan HMETD
03 – 09 Des 2021
Periode Pelaksanaan HMETD
03 – 09 Des 2021
Periode Penyerahan Saham Hasil Pelaksanaan HMETD
07 – 13 Des 2021
Tanggal Terakhir Pembayaran Pemesanan Saham Tambahan
13 Des 2021
Tanggal Penjatahan Efek Tambahan
14 Des 2021
Tanggal pengembalian uang yang tidak memperoleh penjatahan
16 Des 2021