Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY)

britama.com, Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY) dilakukan oleh PT CLSA Sekuritas Indonesia (KZ) dan PT Mandiri Sekuritas (CC) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek, sedangkan PT Panin Sekuritas Tbk (GR/PANS) selaku Penjamin Emisi Efek.

Adapun Jadwal Penawaran Umum Perdana Saham sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal Efektif
26 Nop 2021
Masa Penawaran
30 Nov -2 Des 2021
Tanggal Penjatahan
2 Des 2021
Tanggal Distribusi Saham secara Elektronik
3 Des 2021
Tanggal Pencatatan Saham pada BEI
6 Des 2021

Jumlah Saham yang ditawarkan dalam IPO ini adalah sebanyak 1.190.203.000 lembar saham baru dengan Nilai Nominal Rp10,- dan Harga Penawaran Rp3.080,- per saham.

Rencana penggunaan dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya terkait emisi saham, akan digunakan seluruhnya, sebagai berikut:

  1. Sekitar 33% untuk belanja modal yang berkaitan dengan penambahan kapasitas untuk fasilitas produksi dalam bentuk properti, pabrik, dan peralatan;
  2. Sekitar 25% untuk penyetoran modal pada Entitas Anak, yaitu PT Macroprima Panganutama, dengan rincian: sekitar 80% untuk belanja modal yang berkaitan dengan penambahan kapasitas untuk fasilitas produksi dalam bentuk properti, pabrik, dan peralatan; dan sekitar 20% untuk modal kerja yaitu pembiayaan kebutuhan operasional sehari-hari;
  3. Sekitar 20% untuk penyetoran modal pada Entitas Anak, yaitu PT Macrosentra Niagaboga, dengan rincian: sekitar 75% untuk belanja modal yang berkaitan dengan rencana ekspansi pusat distribusi yang terletak sebagian besar di wilayah Jawa Barat, dalam bentuk akuisisi tanah, bangunan dan peralatan penunjang sehubungan dengan kegiatan operasionalnya; dan sekitar 25% untuk modal kerja yaitu pembiayaan kebutuhan operasional sehari-hari;
  4. Sekitar 15% untuk belanja modal yang berkaitan dengan ekspansi saluran distribusi; dan
  5. Sekitar 7% untuk modal kerja yaitu pembiayaan kebutuhan operasional sehari-hari.

PT Cisarua Mountain Dairy didirikan pada tanggal 2 September 2004. Kantor pusat PT Cisarua Mountain Dairy berlokasi di JL. Sentul No. 101, Kampung Babakan Rawahaur, Kel. Sentul, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor 16810, Jawa Barat, Indonesia.

Ruang lingkup kegiatan usaha PT Cisarua Mountain Dairy adalah bergerak dalam bidang pengolahan susu danmemasarkan hasil produksi baik untuk pasar domestik dan internasional. Saat ini, kegiatan utama CMRY adalah bergerak di bidang usaha Produk Susu Premium dan Konsumen Premium.

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT Cisarua Mountain Dairy dimiliki oleh Bambang Sutantio (63,00%), Farell Grandisuri Sutantio (9,00%), Axel Sutantio (9,00%), Wenzel Sutantio (9,00%), Tiffany Adikoesoemo (5,00%), PT Cimory Dairy Shop (3,00%), PT Cimory Hospitality Sejahtera (1,00%) dan PT Chocomory Cokelat Persada (1,00%).