Bank Syariah Indonesia (BRIS) akan buka kantor Cabang di Dubai

Britama.com – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) akan membuka kantor cabang luar negeri di Dubai pada kuartal I/2022. Perseroan telah mendapatkan persetujuan dari otoritas perbankan dan keuangan di Dubai pada November 2021.

Adapun proses tersebut masih terus berjalan.

Dubai dilirik sebagai tujuan ekspansi bisnis BRIS karena merupakan pusat keuangan dunia dan ekonomi syariah yang sangat kuat. Selain itu saat ini pendanaan melalui sukuk global sangat potensial.

Dikatakan bahwa cabang Dubai ini nanti akan menjadi securities company dengan investor analis dan para bankir asset management yang akan membantu perusahaan RI mendapatkan pendanaan, misal Pertamina atau BUMN lain.

Jika terealisasi, rencana ini akan membuat semakin banyak investor luar negeri yang tertarik berinvestasi sesuai syariat Islam untuk mendanai proyek-proyek pembangunan di Indonesia.

BRIS menargetkan penyaluran pembiayaan dapat tumbuh pada kisaran 7-7,5% pada tahun ini. Dana pihak ketiga diharapkan meningkat sebesar 8%. Terkait pembiayaan, perseroan akan menyasar sejumlah sektor prioritas antara lain infrastruktur, sektor energi dan nonenergi, sektor Kesehatan termasuk rumah sakit dan ekosistemnya.

Selain itu, perseroan juga akan membidik penyaluran pembiayaan ke sektor pangan, teknologi informasi, dan sektor pendidikan.