Lebihin Target , Marketing Sales (PraPenjualan) Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) Rp7,7 triliun tahun 2021

Britama.com – PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) pengembang kota mandiri terbesar di Indonesia dan bagian dari kelompok properti terkemuka Sinar Mas Land mencatat prapenjualan sebesar Rp7,7 triliun pada tahun 2021. Hal Tersebut meningkat 19% apabila disandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya, yakni Rp6,5 triliun. Sementara lebih besar dari Target Perseroan yaitu sebesar Rp7 triliun tahun 2021.

“Kinerja prapenjualan sepanjang 2021 tersebut 10% lebih tinggi dari target Rp7 triliun yang ditetapkan sebelumnya. Ini merupakan pembuktian atas besarnya minat konsumen atas produk-produk properti yang kami tawarkan.” Hermawan Wijaya, Direktur BSDE menjelaskan.

Dengan Pencapai ini, Membuktikan kinerja tetap solid walapun masih dalam masa pandemic yang gerak roda perekenomian masih terbatas.

Prapenjualan tersebut terutama dikontribusikan oleh Segmen Residensial yang mencapai Rp5,2 triliun atau 68% dan merupakan Kontributor terbesar.

“Penjualan unit-unit residensial yang kami tawarkan di BSD City masih menjadi pilihan utama konsumen. Produk rumah tapak yang kami tawarkan diantaranya; Quantis Signature, The Blizfield, Kazumi dan Kiyomi – The Zora yang laku terjual di masa pandemi. Begitu pula unit residensial maupun komersial lainnya.” Ungkap Hermawan.

Area pengembangan residensial yang berkontribusi atas prapenjualan selama 2021 antara lain bersumber dari area pengembangan Mozia, Greenwich, Vanya Park, Tabebuya, The Zora, Nava Park, Taman Banjar Wijaya, Grand Wisata, dan Kota Wisata.

Dari area pengembangan yang ada, klaster baru yang diluncurkan atau dibuka pada kuartal keempat adalah The Blizfield dan Yuthica.

Kawasan BSD City tercatat sebagai kontributor terbesar berdasarkan proyek dengan kontribusi 54%, disusul kemudian oleh Nava Park dengan 14%. Proyek lain; Zora berkontribusi 8%, Grand Wisata 8%, Kota Wisata 6% dan Legenda Wisata dan Grand City Balikpapan masing-masing berkontribusi 2%.

Segmen komersial berkontribusi sebesar Rp2,1 triliun, setara kontribusi 28% terhadap total prapenjualan sepanjang 2021.

Angka tersebut bersumber dari kavling komersial sebesar Rp677 miliar yang sebagian besar dijual di BSD City, strata title (apartemen/kondominium) Rp561 miliar dan ruko Rp916 miliar.

Sedangkan unit pengembangan vertikal yang terjual sebagian besar didukung oleh The Elements di Jakarta, Southgate di area TB Simatupang, Aerium Jakarta Barat, Klaska Residence di Surabaya dan di unit apartemen di BSD City.

Untuk segmen ruko sebagian besar disumbang oleh TabeSpots, Virginia Arcade, West Park, Capital Cove dan Northridge Business Center di BSD City.

Sementara Segmen tanah memberikan kontribusi sekitar 4%. Penjualan kavling tanah dari perusahaan patungan yang tumbuh 83% menjadi Rp332 miliar sepanjang 2021.

Angka penjualan tersebut bersumber dari penjualan kepada perusahaan patungan antara lain PT BSD Diamond Development (ZORA), PT Sinar Mitbana Mas dan PT Sinar Mitbana Mas Intermoda dengan ekuitas setara kepemilikan BSDE sebesar masing-masing 40%.