Jadwal Rights Issue II (PMHMETD II) MDKA / Merdeka Copper Gold Tbk 2022

britama.com, Jadwal Rights Issue II (Penambahan Modal Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu II / PMHMETD II) MDKA / Merdeka Copper Gold Tbk dan “Hongkong Brunp and Catl Co., Limited sebagai pembeli siaga”.

Sebanyak 1.205.999.956 Saham Baru akan diterbitkan dalam PMHMETD ini. Dengan rasio pembagian Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) adalah setiap 9.401 saham lama Merdeka Copper Gold Tbk yang dimiliki akan mendapatkan 495 HMETD, dimana setiap pemegang 1 HMETD berhak untuk membeli 1 Saham Baru MDKA dengan nilai nominal Rp20,- setiap saham, dengan harga pelaksanaan Rp2.830,- per saham.

Setiap HMETD dalam bentuk pecahan akan dibulatkan ke bawah (round down).

Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) sebagai pemegang saham Perseroan dengan kepemilikan 18,293%; PT Mitra Daya Mustika sebagai pemegang saham Perseroan dengan kepemilikan 12,874%; dan PT Suwarna Arta Mandiri sebagai pemegang saham Perseroan dengan kepemilikan 6,054%, masing-masing menyatakan tidak akan melaksanakan seluruh porsi HMETD miliknya dan akan mengalihkan seluruh HMETD yang akan diperoleh secara proporsional sesuai dengan porsi kepemilikan saham pada Perseroan kepada Hongkong Brunp and Catl Co., Limited. Hongkong Brunp and Catl Co., Limited menyatakan komitmen dan kesanggupan untuk melaksanakan seluruh HMETD yang telah dialihkan kepadanya masing-masing dari Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG), PT Mitra Daya Mustika dan PT Suwarna Arta Mandiri.

Apabila Saham Baru yang ditawarkan dalam PMHMETD II ini tidak seluruhnya diambil atau dibeli oleh pemegang saham atau pemegang bukti HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang saham atau pemegang bukti HMETD lainnya secara proporsional berdasarkan atas jumlah HMETD yang dilaksanakan oleh masing-masing pemegang saham atau pemegang bukti HMETD yang meminta penambahan saham. Jika setelah alokasi tersebut masih tersisa Saham Baru yang tidak dilaksanakan dan/atau diambil bagian oleh pemegang HMETD, maka Hongkong Brunp and Catl Co., Limited sebagai Pembeli Siaga akan membeli seluruh sisa Saham Baru dalam jumlah sebanyak-banyaknya 757.096.484 saham.

Rencana Penggunaan Dana yang di peroleh dari hasil PMHMETD II setelah di kurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan dipergunakan, sebagai berikut:

  1. Sekitar 60% untuk dialokasikan kepada PT Bumi Suksesindo untuk mendanai sebagian kebutuhan belanja modal, pembayaran sebagian pokok utang dan modal kerja;
  2. Sekitar 22% untuk dialokasikan kepada PT Batutua Tembaga Raya untuk mendanai sebagian kebutuhan belanja modal dan modal kerja;
  3. Sekitar 9% untuk dialokasikan kepada PT Batutua Kharisma Permai untuk mendanai sebagian kebutuhan belanja modal dan modal kerja; dan
  4. Sekitar 9% untuk dialokasikan kepada PT Puncak Emas Tani Sejahtera untuk mendanai sebagian kebutuhan belanja modal.

Untuk diketahui, pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Merdeka Copper Gold Tbk sebelum PMHMETD II ini yaitu: Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) (18,293%), PT Mitra Daya Mustika (12,874%), Garibaldi Thohir (8,778%) dan PT Suwarna Arta Mandiri (6,054%).

Adapun jadwal kegiatan Rights Issue II tersebut sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal perdagangan bursa yang memuat HMETD (Cum HMETD) di Pasar Reguler dan Nego
13 Apr 2022
Tanggal perdagangan bursa tidak memuat HMETD (Ex HMETD) di Pasar Reguler dan Nego
14 Apr 2022
Tanggal perdagangan bursa yang memuat HMETD (Cum HMETD) di Pasar Tunai
18 Apr 2022
Tanggal perdagangan bursa tidak memuat HMETD (Ex HMETD) di Pasar Tunai
19 Apr 2022
Tanggal daftar pemegang saham yang berhak menerima HMETD (Recording Date)
18 Apr 2022
Tanggal distribusi HMETD
19 Apr 2022
Tanggal Pencatatan HMETD di Bursa Efek Indonesia (BEI)
20 Apr 2022
Periode Perdagangan HMETD
21 – 26 Apr 2022
Periode Pelaksanaan HMETD
21 – 26 Apr 2022
Periode Penyerahan Saham Hasil Pelaksanaan HMETD
22 – 28 Apr 2022
Tanggal Terakhir Pembayaran Pemesanan Saham Tambahan
28 Apr 2022
Tanggal Penjatahan Efek Tambahan
29 Apr 2022
Tanggal Pembayaran Penuh oleh Pembeli Siaga
23 Apr 2022
Tanggal pengembalian uang yang tidak memperoleh penjatahan
05 Mei 2022

Mengenai Pembeli Siaga, Hongkong Brunp and Catl Co., Limited adalah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong, Republik Rakyat Tiongkok. Hongkong Brunp and Catl Co., Limited beralamat di Room 1804, Beverly House 93-107, Lockhart Road, Wan Chai, Hong Kong dan bergerak di bidang penanaman modal di luar negeri pada jaringan industri baterai EV. Pemilik manfaat akhir (ultimate beneficial owner) Ningbo Brunp Contemporary Amperex Co., Ltd.