Jadwal Rights Issue I (PUT I) JAST / Jasnita Telekomindo Tbk 2022

britama.com, Jadwal Rights Issue I (Penawaran Umum Terbatas I / PUT I) JAST / Jasnita Telekomindo Tbk dan “tidak ada pembeli siaga”.

Sebanyak-banyaknya 406.813.350 Saham Baru akan diterbitkan dalam PUT ini. Dengan rasio pembagian Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) adalah setiap 2 saham lama Jasnita Telekomindo Tbk yang dimiliki akan mendapatkan 1 HMETD, dimana setiap pemegang 1 HMETD berhak untuk membeli 1 Saham Baru JAST dengan nilai nominal Rp100,- setiap saham, dengan harga pelaksanaan Rp150,- per saham dan setiap 10 saham baru melekat 7 Waran Seri I yang diberikan secara cuma-cuma, dimana 1 Waran Seri I dapat membeli 1 saham yang bernilai nominal Rp100,- per saham dengan harga pelaksanaan sebesar Rp188,- per saham.

Setiap HMETD dalam bentuk pecahan akan dibulatkan ke bawah (round down).

PT Persada Inti Sejahtera selaku Pemegang Saham Utama Perseroan akan melaksanakan seluruh HMETD yang dimilikinya dalam PUT I ini.

Apabila saham yang ditawarkan dalam PUT I ini tidak seluruhnya diambil oleh pemegang saham, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang saham lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya seperti yang tercantum dalam Formulir Pemesanan dan Pembelian Saham Tambahan dengan ketentuan: (i) bila jumlah seluruh Saham Baru yang dipesan termasuk pemesanan Saham Baru tambahan tidak melebihi jumlah seluruh saham yang ditawarkan dalam PUT I ini, maka seluruh pesanan atas Saham Baru tambahan akan dipenuhi; (ii) bila jumlah seluruh Saham Baru yang dipesan, termasuk pemesanan Saham Baru tambahan melebihi jumlah seluruh Saham Baru yang ditawarkan dalam PUT I ini, maka kepada pemesan yang melakukan pemesanan Saham Baru tambahan akan diberlakukan sistem penjatahan secara proporsional, berdasarkan atas jumlah HMETD yang telah dilaksanakan oleh masing-masing Pemegang Saham yang meminta pemesanan Saham Baru tambahan. Apabila setelah alokasi pemesanan saham tambahan, masih terdapat sisa saham, maka saham tersebut tidak akan dikeluarkan dari Portepel.

Rencana Penggunaan Dana yang di peroleh dari hasil PUT I setelah di kurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan, sebagai berikut:

  1. Sekitar 8,3% sebagai belanja modal untuk peremajaan dan/atau penambahan server untuk menambah kapasitas seiring dengan adanya peningkatan trafik koneksi dan telekomunikasi serta untuk meningkatkan reliability sistem dalam arti membuat backup dan melengkapi sistem Disaster Recovery Center (DRC);
  2. Sekitar 50% untuk pengembangan proyek Smart City termasuk namun tidak terbatas pada pengembangan smart lights, pengembangan smart meter, pengembangan Jasgrid 112, pengembangan command center management, pengembangan Global Positioning System (GPS) untuk pemetaan lokasi lampu jalan serta pengembangan aplikasi Control Management System (CMS) sebagai platform untuk mengakses fitur yang dimiliki oleh smart lights. Perseroan berencana mengembangkan proyek Smart City di beberapa kota di antaranya Blitar, Gresik, Siak, Jambi, Batam, dan Solok;
  3. Sekitar 33,5% sebagai modal kerja Perseroan dalam memenuhi kebutuhan operasional dengan rincian namun tidak terbatas pada biaya gaji dan tunjangan karyawan, biaya pemeliharaan, keperluan kantor, asuransi, Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan sebagai pembiayaan untuk proyek yang diperoleh Perseroan; dan
  4. Sekitar 8,2% untuk pemberian pinjaman kepada Perusahaan Anak Perseroan yaitu PT Sakti Makmur Pratama yang akan digunakan sebagai modal kerja termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran vendor, biaya gaji dan tunjangan karyawan, biaya pemeliharaan, keperluan kantor, asuransi, Pengembangan Sumber Daya Manusia serta pengembangan produk digital. Produk digital yang dimaksud merupakan aplikasi Jasgrid, 112, Omnichannel serta Whatsapp Busines API. Perseroan khusus mendirikan Perusahaan Anak, PT Sakti Makmur Pratama untuk menjadi pengembang aplikasi Jasgrid yang telah digunakan pada Pemda-pemda yang telah melakukan kontrak dengan Perseroan. Adapun Omnichannel yang dikembangkan oleh Perseroan merupakan pendekatan multisaluran baik dalam bentuk pesan teks, seperti social media, SMS, Whatsapp Business, maupun panggilan telepon seperti VoIP.

Untuk diketahui, pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Jasnita Telekomindo Tbk sebelum PUT I ini yaitu: PT Persada Inti Sejahtera (50,21%).

Adapun jadwal kegiatan Rights Issue I tersebut sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal perdagangan bursa yang memuat HMETD (Cum HMETD) di Pasar Reguler dan Nego
13 Mei 2022
Tanggal perdagangan bursa tidak memuat HMETD (Ex HMETD) di Pasar Reguler dan Nego
17 Mei 2022
Tanggal perdagangan bursa yang memuat HMETD (Cum HMETD) di Pasar Tunai
18 Mei 2022
Tanggal perdagangan bursa tidak memuat HMETD (Ex HMETD) di Pasar Tunai
19 Mei 2022
Tanggal daftar pemegang saham yang berhak menerima HMETD (Recording Date)
18 Mei 2022
Tanggal distribusi HMETD
19 Mei 2022
Tanggal Pencatatan HMETD di Bursa Efek Indonesia (BEI)
20 Mei 2022
Periode Perdagangan HMETD
20 – 27 Mei 2022
Periode Pelaksanaan HMETD
20 – 27 Mei 2022
Periode Penyerahan Saham Hasil Pelaksanaan HMETD
24 – 31 Mei 2022
Tanggal Terakhir Pembayaran Pemesanan Saham Tambahan
31 Mei 2022
Tanggal Penjatahan Efek Tambahan
02 Jun 2022
Tanggal pengembalian uang yang tidak memperoleh penjatahan
06 Jun 2022
— Pasar Reguler dan Negosiasi
Awal Perdagangan Waran
20 Mei 2022
Akhir Perdagangan Waran
14 Mei 2024
— Pasar Tunai
Akhir Perdagangan Waran
16 Mei 2024
Periode Pelaksanaan Waran
24 Nov 22 -17 Mei 2024
Tanggal Jatuh Tempo Waran
17 Mei 2024