Perkiraan IPO PT Arkora Hydro (ARKO) dan Penggunaan Dananya

Banner Image

britama.com – PT Arkora Hydro (ARKO) akan menawarkan saham baru sebanyak-banyaknya 579.900.000 saham atau sebanyak-banyaknya 20,00% dari modal yang telah di tempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum dengan Nilai Nominal Rp25,- per saham, dengan Harga Penawaran berkisar Rp286,- sampai Rp310,- per saham dan total dana yang diperoleh berkisar antara Rp165.851.400.000,- sampai Rp179.769.000.000,-.

Perseroan akan mengalokasi sebanyak-banyaknya 10% dari jumlah saham yang ditawarkan dalam Penawaran Umum atau sebanyak-banyaknya 57.990.000 saham untuk program ESA (Employee Stock Allocation). Apabila terdapat sisa saham yang tidak diambil bagian oleh pegawai Perseroan, maka sisa saham tersebut akan ditawarkan kepada masyarakat.

Apabila terjadi kelebihan pemesanan pada penjatahan terpusat, Perseroan akan mengeluarkan sebanyak-banyaknya 77.320.000 saham biasa atas nama dengan nilai nominal Rp25,- setiap saham atau mewakili sebanyak-banyaknya 2,59% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum Perdana Saham dengan asumsi terdapat penerbitan saham tambahan karena kelebihan pemesanan pada penjatahan terpusat dengan Harga Penawaran Rp[ ],- ([ ] Rupiah) setiap saham. Sumber Efek yang dapat digunakan untuk memenuhi ketentuan penyesuaian alokasi Efek untuk porsi penjatahan terpusat adalah penerbitan saham baru dari dalam simpanan (portepel) Perseroan.

PT Arkora Hydro menunjuk PT Lotus Andalan Sekuritas (YJ) sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia (YP) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek, Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal dalam Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) saham ini.

Adapun Jadwal Perkiraan Penawaran Umum Perdana Saham, sebagai berikut:

Keterangan
Tanggal
Masa Penawaran Awal
20 – 28 Jun 2022
Perkiraan Tanggal Efektif
30 Jun 2022
Perkiraan Masa Penawaran Umum
04 – 06 Jul 2022
Perkiraaan Tanggal Penjatahan
06 Jul 2022
Perkiraan tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik
07 Jul 2022
Perkiraan tanggal Pencatatan Saham di Bursa Efek Indonesia
08 Jul 2022

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum, setelah dikurangi biaya-biaya emisi yang terkait dengan Penawaran Umum akan digunakan seluruhnya, sebagai berikut:

  1. Sekitar 63% akan digunakan untuk Penambahan Penyertaan Modal pada Perusahaan Anak sebagai berikut;
    • 54% Sebagai tambahan penyertaan modal di PT Arkora Hydro Sulawesi, merupakan Entitas Anak Tidak Langsung Perseroan yang bergerak di bidang pembangkitan tenaga listrik minihidro, dimana Perseroan telah melakukan penyertaan sejak tahun 2011. Tujuan penambahan penyertaan modal di PT Arkora Hydro Sulawesi adalah guna mendukung kebutuhan pendanaan untuk kebutuhan konstruksi PLTM Yaentu yang saat ini konstruksinya tengah berlangsung dan diharapkan dapat beroperasi (COD) pada tahun 2023.
    • 29% sebagai tambahan penyertaan modal di PT Arkora Energi Baru, erupakan Entitas Anak Tidak Langsung Perseroan yang bergerak di bidang pembangkitan tenaga listrik minihidro, dimana Perseroan telah melakukan penyertaan sejak tahun 2012. Tujuan penambahan penyertaan modal di PT Arkora Energi Baru adalah guna mendukung kebutuhan pendanaan untuk kebutuhan konstruksi PLTM Kukusan 2 yang direncanakan akan dimulai pembangunannya pada tahun 2022 dan diharapkan dapat beroperasi (COD) pada tahun 2024.
    • 17% sebagai tambahan penyertaan modal di PT Arkora Tenaga Matahari, merupakan entitas anak langsung Perseroan yang bergerak di bidang pembangkitan tenaga listrik surya, dimana Perseroan telah melakukan penyertaan sejak tahun 2021. Tujuan penambahan penyertaan modal di PT Arkora Tenaga Matahari adalah guna mendukung kebutuhan pendanaan untuk kebutuhan modal kerja PT Arkora Tenaga Matahari atas proyek-proyek solar panelnya saat ini.
  2. Sisanya untuk melunasi sebagian pinjaman berelasi kepada ACEI Singapore Holding Private Ltd.

Mengenai, PT Arkora Hydro (ARKO) merupakan sebuah Perseroan yang didirikan pada tanggal 5 Agustus 2010 dan kantor pusat berlokasi di Office 8 Building, Lantai 21 Unit C & D, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Lot 28 SCBD, Jakarta 12190 – Indonesia. PT Arkora Hydro bergerak di bidang pembangkit tenaga listrik dan melakukan penyertaan modal pada entitas laiN. Saat ini, kegiatan utama ARKO adalah bergerak dalam bidang pembangkitan tenaga listrik melalui sumber energi baru dan terbarukan yang berasal dari aliran air (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

×
Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!
Banner Image