Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM)

britama.com, Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT Habco Trans Maritima Tbk (HATM) dilakukan oleh PT NH Korindo Sekuritas Indonesia (XA) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan Penjamin Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (full commitment) terhadap Penawaran Umum Perdana Saham ini.

Adapun Jadwal Penawaran Umum Perdana Saham sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal Efektif
18 Jul 2022
Masa Penawaran
20 – 22 Jul 2022
Tanggal Penjatahan
22 Jul 2022
Tanggal Distribusi Saham secara Elektronik
25 Jul 2022
Tanggal Pencatatan Saham pada BEI
26 Jul 2022

Jumlah Saham yang ditawarkan dalam IPO ini adalah sebanyak 1.118.750.000 lembar saham baru sebanyak 16,65% modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham, dengan Nilai Nominal Rp50,- dan Harga Penawaran Rp160,- per saham.

PT Habco Trans Maritima akan mengalokasikan sebanyak 0,26% saham dari Saham Yang Ditawarkan dalam Penawaran Umum Perdana Saham ini atau sebanyak 2.898.100 saham untuk program alokasi saham kepada karyawan Perseroan (Employee Stock Allocation).

Bersamaan dengan Penawaran Umum, PT Habco Trans Maritima akan menerbitkan saham baru sebanyak 281.250.000 saham biasa atas nama, dalam rangka pelaksanaan konversi atas pelaksanaan konversi Perjanjian Utang melalui Opsi Konversi (Utang Konversi) senilai Rp45.000.000.000 dengan PT Samudra Sejahtera Investama yang akan dilaksanakan bersamaan dengan dilakukannya Penawaran Umum Saham Perdana Perseroan, pada harga pelaksanaan konversi sesuai Harga Penawaran.

Rencana penggunaan dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya terkait emisi saham, akan digunakan seluruhnya untuk pembelian armada kapal bulker baru (Bulk Carrier Supramax dengan kapasitas 53,000 – 57,000 DWT atau deadweight tonnage) untuk mendukung kegiatan usaha Perseroan.

PT Habco Trans Maritima didirikan pada tanggal 08 Agustus 2019. Kantor pusat PT Habco Trans Maritima berlokasi di Jalan H. Imam Munandar No. 247 F-G, Kel. Tangkerang Utara, Kec. Bukit Raya, Pekanbaru, Riau 28282, Indonesia.

Ruang lingkup kegiatan usaha PT Habco Trans Maritima adalah bergerak dalam bidang angkutan laut dalam negeri untuk barang khusus. Saat ini, kegiatan utama HATM adalah begerak dalam bidang pengangkutan barang dengan menggunakan kapal laut yang dirancang secara khusus untuk mengangkut suatu jenis barang tertentu, seperti angkutan barang berbahaya, limbah bahan berbahaya dan beracun, bahan bakar minyak, minyak bumi, hasil olahan, LPG (Liquefied Petroleum Gas), LNG (Liquefied Natural Gas) dan CNG (Compressed Natural Gas), ikan dan sejenisnya, termasuk usaha persewaan angkutan laut berikut operatornya.

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT Habco Trans Maritima dimiliki oleh PT Habco Primatama (99,60%), Benny (0,15%), Cosmas Kiardi (0,15%) dan Hasanul Arifin Hasibuan (0,10%).