Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham PT Aman Agrindo Tbk (GULA)

britama.com, Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT Aman Agrindo Tbk (GULA) dilakukan oleh PT UOB Kay Hian Sekuritas (AI) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan Penjamin Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (full commitment) terhadap Penawaran Umum Perdana Saham ini.

Adapun Jadwal Penawaran Umum Perdana Saham sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal Efektif
26 Jul 2022
Masa Penawaran
28 Jul – 01 Ags 2022
Tanggal Penjatahan
01 Ags 2022
Tanggal Distribusi Saham secara Elektronik
02 Ags 2022
Tanggal Pencatatan Saham pada BEI
03 Ags 2022

Jumlah Saham yang ditawarkan dalam IPO ini adalah sebanyak 214.072.500 lembar saham baru sebanyak 20,00% modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham, dengan Nilai Nominal Rp100,- dan Harga Penawaran Rp250,- per saham.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum, setelah dikurangi biaya-biaya emisi yang terkait dengan Penawaran Umum akan digunakan seluruhnya, sebagai berikut:

  1. Sekitar 23% untuk belanja modal berupa pembangunan pabrik gula merah dan fasilitas penunjang lainnya untuk menunjang kegiatan produksi gula merah, dimana dalam hal ini Perseroan menunjuk pihak ketiga yang akan bertindak sebagai kontraktor pembangunan pabrik gula merah dan fasilitas penunjang lainnya tersebut;
  2. Sekitar 57% untuk belanja modal berupa pembelian dan instalasi mesin produksi gula merah dengan pihak ketiga; dan
  3. Sisanya untuk modal kerja Perseroan, termasuk namun tidak terbatas untuk pembelian kebutuhan bahan baku dan bahan pendukung serta untuk membiayai kegiatan operasional Perseroan.

PT Aman Agrindo didirikan pada tanggal 24 Mei 2013. Kantor pusat PT Aman Agrindo berlokasi di Jl. MT. Haryono 864-866 Ruko Bangkong Plaza C-10, Kel. Peterongan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah 50242, Indonesia.

Ruang lingkup kegiatan usaha PT Aman Agrindo adalah bergerak dalam bidang perkebunan tebu, industri gula pasir, perdagangan besar gula, coklat, kembang gula, perdagangan besar bahan makanan dan minuman hasil pertanian lainnya, perdagangan eceran hasil pertanian lainnya. Saat ini, kegiatan utama GULA adalah begerak dalam bidang perkebunan tebu, perdagangan gula dan industri gula.

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT Aman Agrindo dimiliki oleh PT Aman Resources Indonesia (70,804%), Andreas Utomo (28,904%) dan Steve Matthew Utomo (0,292%).