Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN)

britama.com, Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) dilakukan oleh PT Elit Sukses Sekuritas (SA) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan Penjamin Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (full commitment) terhadap Penawaran Umum Perdana Saham ini.

Adapun Jadwal Penawaran Umum Perdana Saham sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal Efektif
29 Jul 2022
Masa Penawaran
02 – 05 Ags 2022
Tanggal Penjatahan
05 Ags 2022
Tanggal Distribusi Saham secara Elektronik
08 Ags 2022
Tanggal Pencatatan Saham dan Waran Seri I pada BEI
09 Ags 2022
Awal Perdagangan Waran Seri I
09 Ags 2022
Akhir Perdagang Waran Seri I
Pasar Reguler & Negosiasi
04 Ags 2023
Pasar Tunai
08 Ags 2023
Periode Pelaksanaan Waran Seri I
09 Feb – 09 Ags 2023
Akhir Masa Berlaku Waran Seri I
09 Ags 2023

Jumlah Saham yang ditawarkan dalam IPO ini adalah sebanyak 230.000.000 lembar saham baru atau sebanyak 17,59% dari jumlah modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah Penawaran Umum dengan Nilai Nominal Rp10,- dan Harga Penawaran Rp100,- per saham dan sebanyak 57.500.000 lembar Waran Seri I atau sebanyak-banyaknya 5,33% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Saham Perdana ini, yang menyertai saham baru yang namanya tercatat dalam daftar penjatahan IPO, yaitu 05 Agustus 2022. Setiap pemegang 4 saham baru berhak memperoleh 1 waran, dimana setiap 1 waran memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru yang bernilai nominal Rp10,- setiap sahamnya dengan harga pelaksanaan sebesar Rp100,- per saham.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum, setelah dikurangi biaya-biaya emisi yang terkait dengan Penawaran Umum akan digunakan seluruhnya, sebagai berikut:

  1. Sekitar 40% untuk kebutuhan pembangunan kantor pusat, pabrik (area produksi & gudang bahan baku), dan fasilitas umum dengan rincian sebagai berikut:
    • Kantor Pusat
    • Area Produksi untuk menunjang ruang jahit, ruang pengering, kantor produksi, loker karyawan, pantry, kamar mandi, area packing dan quality control serta area stok barang jadi.
    • Gudang Bahan Baku untuk menunjang area stok bahan baku, aksesoris, spare part, dan area persiapan bahan baku.
    • Fasilitas Umum yang meliputi pos satpam, tempat parkir, taman, kantin karyawan dan mushola.
  2. Sekitar 38,75% dalam rangka kebutuhan belanja modal Perseroan antara lain:
    • Sekitar 90% untuk penambahan fasilitas produksi yaitu mesin-mesin produksi serta biaya pemasangan mesin guna meningkatkan kualitas produk dan kapasitas produksi;
    • Sekitar 5% untuk pembelian aset berupa mobil box melalui pihak ketiga, guna menunjang kegiatan Perseroan dalam rangka pengiriman produk-produk Perseroan kepada para distributor atau agen agar dapat lebih efektif dan efisien dalam pendistribusian produk;
    • Sekitar 3% untuk pembelian aset berupa mobil operasional melalui pihak ketiga, guna menunjang kegiatan Perseroan terutama dalam bidang pemasaran. Salah satu kegiatan pemasaran yang akan dilakukan Perseroan yaitu mengunjungi pameran atau event mengenai alat-alat kebersihan serta melakukan perjalanan dinas untuk bertemu para calon customer yang berpotensial bekerjasama dengan Perseroan seperti supermarket, mini market, restoran, rumah sakit dan perkantoran; dan
    • Sekitar 2% untuk pembelian peralatan kantor seperti laptop, tablet, handphone guna menunjang kegiatan operasional dan kegiatan pemasaran Perseroan agar karyawan dapat meningkatkan produktifitas serta menghasilkan output yang maksimal dalam bekerja.
  3. Sekitar 21,25% sebagai keperluan modal kerja Perseroan dalam rangka pembelian bahan baku berupa benang melalui PT Panji Mas Textile dan persediaan berupa aksesoris untuk menunjang produk Perseroan melalui pihak ketiga serta pembiayaan aktivitas pemasaran produk Perseroan melalui pihak ketiga.

Sedangkan dana hasil pelaksanaan Waran Seri I, seluruhnya akan digunakan oleh Perseroan sebagai modal kerja Perseroan dalam rangka pembelian bahan baku, biaya pemasaran dan pembelian peralatan.

PT Klinko Karya Imaji didirikan pada tanggal 04 November 2016. Kantor pusat PT Klinko Karya Imaji berlokasi di Jl. Raya Driyorejo Km 25, Desa/Kelurahan Driyorejo, Kec. Driyorejo, Kab. Gresik, Jawa Timur 61177, Indonesia.

Ruang lingkup kegiatan usaha PT Klinko Karya Imaji adalah bergerak dalam bidang industri pengolahan. Saat ini, kegiatan usaha utama KLIN adalah bergerak dalam bidang industri produksi dan perdagangan produk alat-alat kebersihan (serbet, mop dan keset) yang ramah lingkungan, dengan merek utama yaitu “Klinko”.

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT Klinko Karya Imaji dimiliki oleh Anggun Satriya Supanji (77,22%), Sisse Paloma (19,30%), Devi Mariaswaty (1,16%), Paula Kristella (1,16%) dan Anton Setiawan, SE (1,16%).