Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES)

britama.com, Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) dilakukan oleh PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia (YP) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (full comittment) terhadap Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan.

Adapun Jadwal Penawaran Umum Perdana Saham sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal Efektif
29 Jul 2022
Masa Penawaran
02 – 04 Ags 2022
Tanggal Penjatahan
04 Ags 2022
Tanggal Distribusi Saham secara Elektronik
05 Ags 2022
Tanggal Pencatatan Saham pada BEI
08 Ags 2022

Jumlah Saham yang ditawarkan dalam IPO ini adalah sebanyak 300.000.000 lembar saham baru sebanyak 20,00% modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham, dengan Nilai Nominal Rp10,- dan Harga Penawaran Rp105,- per saham.

PT Kusuma Kemindo Sentosa melaksanakan program Employee Stock Allocation (ESA) dengan jumlah sebanyak 1,19% dari jumlah yang ditawarkan dalam Penawaran Umum atau sebanyak 3.577.000 saham.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum, setelah dikurangi biaya-biaya emisi yang terkait dengan Penawaran Umum akan digunakan seluruhnya, sebagai berikut:

  1. Sekitar 95% untuk modal kerja dalam rangka mendukung kegiatan operasional dan pengembangan bisnis Perseroan dengan rincian antara lain untuk:
    • Sekitar 30% untuk biaya operasional seperti gaji, biaya angkut, biaya kantor, biaya penjualan dan lainnya; dan
    • Sekitar 65% untuk pembelian barang dagangan, pelunasan hutang usaha kepada pemasok.
  2. Sekitar 5% untuk pengembangan sistem informasi dan teknologi Perseroan termasuk digitalisasi sistem IT untuk sales, delivery, inventory dan logistik.

PT Kusuma Kemindo Sentosa didirikan pada tanggal 09 Nopember 1990. Kantor pusat PT Kusuma Kemindo Sentosa berlokasi di Green Ville Maisonette Blok FA / 12A, Jakarta Barat, DKI Jakarta, 11510, Indonesia.

Ruang lingkup kegiatan usaha PT Kusuma Kemindo Sentosa adalah bergerak dalam bidang perdagangan besar bahan dan barang kimia dasar, perdagangan besar berbagai macam material bangunan, dan perdagangan besar mesin, peralatan dan perlengkapan lainnya. Saat ini, kegiatan utama KKES adalah begerak dalam bidang perdagangan besar bahan dan barang kimia untuk keperluan industri maupun keperluan rumah tangga.

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT Kusuma Kemindo Sentosa dimiliki oleh Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) (51,00%), PT Budilestari Sentosa (14,00%), Kiki Rusmin Sadrach (13,32%), Kundy Wijaya (10,00%), Sri Lanty Totong (5,00%), Retno Widyati Harsono (3,36%) dan Felicia Wiendraty Harsono (3,32%).