Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham PT Segar Kumala Indonesia Tbk (BUAH)

britama.com, Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT Segar Kumala Indonesia Tbk (BUAH) dilakukan oleh Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI / LS) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan Penjamin Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (full comittment) terhadap Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan.

Adapun Jadwal Penawaran Umum Perdana Saham sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal Efektif
29 Jul 2022
Masa Penawaran
02 – 05 Ags 2022
Tanggal Penjatahan
05 Ags 2022
Tanggal Distribusi Saham secara Elektronik
08 Ags 2022
Tanggal Pencatatan Saham pada BEI
09 Ags 2022

Jumlah Saham yang ditawarkan dalam IPO ini adalah sebanyak 200.000.000 lembar saham baru sebanyak 20,00% modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham, dengan Nilai Nominal Rp50,- dan Harga Penawaran Rp388,- per saham.

PT Segar Kumala Indonesia melaksanakan program Employee Stock Allocation (ESA) dengan jumlah sebanyak 1,88% dari jumlah yang ditawarkan dalam Penawaran Umum atau sebanyak 3.750.100 saham.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum, setelah dikurangi biaya-biaya emisi yang terkait dengan Penawaran Umum akan digunakan seluruhnya, sebagai berikut:

  1. Sekitar 75% untuk modal kerja Perseroan, yang di dalamnya akan digunakan untuk pembayaran utang dagang, pembelian barang dagang, dan kegiatan operasional Perseroan; dan
  2. Sekitar 25% untuk membangun gudang cold storage di cabang baru Perseroan untuk menjangkau daerah‐daerah yang belum terjangkau tapi memiliki potensi bisnis bagi Perseroan.

PT Segar Kumala Indonesia didirikan pada tanggal 10 Juni 2017. Kantor pusat PT Segar Kumala Indonesia berlokasi di Jl. Danau Sunter Utara No.8, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara 14450, Indonesia.

Ruang lingkup kegiatan usaha PT Segar Kumala Indonesia adalah bergerak dalam bidang perdagangan besar dan pengangkutan. Saat ini, kegiatan utama BUAH adalah begerak dalam bidang perdagangan besar buah-buahan, daging unggas beku dan sayuran.

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT Segar Kumala Indonesia dimiliki oleh Hendro Susilo (45%), Micheal Iksan Susilo (30%), Ng Sin Seng (5%), Sutomo (5%), Lay Vina (5%), Fabian Mardi (5%) dan Farrel Nobel (5%).