Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham PT Toba Surimi Industries Tbk (CRAB)

Banner Image

britama.com, Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT Toba Surimi Industries Tbk (CRAB) dilakukan oleh PT KGI Sekuritas Indonesia (HD) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan Penjamin Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (full comittment) terhadap Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan.

Adapun Jadwal Penawaran Umum Perdana Saham sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal Efektif
29 Jul 2022
Masa Penawaran
02 – 08 Ags 2022
Tanggal Penjatahan
08 Ags 2022
Tanggal Distribusi Saham secara Elektronik
09 Ags 2022
Tanggal Pencatatan Saham pada BEI
10 Ags 2022

Jumlah Saham yang ditawarkan dalam IPO ini adalah sebanyak 390.000.000 lembar saham baru sebanyak 20,00% modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham, dengan Nilai Nominal Rp50,- dan Harga Penawaran Rp150,- per saham.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum, setelah dikurangi biaya-biaya emisi yang terkait dengan Penawaran Umum akan digunakan seluruhnya, sebagai berikut:

  1. Sekitar 94,35% untuk modal kerja Perseroan antara lain namun tidak terbatas pada pembelian bahan baku dan bahan penunjang, gaji dan tunjangan karyawan, serta biaya operasional lainnya; dan
  2. Sekitar 5,65% untuk belanja modal Perseroan dalam rangka ekspansi kapasitas produksi dengan pengadaan 5 unit kapal laut untuk penangkapan bahan baku utama Perseroan yaitu hasil laut.

PT Toba Surimi Industries didirikan pada tanggal 23 Desember 1997. Kantor pusat PT Toba Surimi Industries berlokasi di Komplek Cemara Asri Blok C6 No 12, Sampali, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara 20371, Indonesia.

Ruang lingkup kegiatan usaha PT Toba Surimi Industries adalah bergerak dalam bidang industri pembekuan, pengolahan, pengawetan, perdagangan besar makanan dan minuman serta hasil perikanan. Saat ini, kegiatan utama CRAB adalah begerak dalam bidang industri pembekuan ikan, industri pengolahan dan pengawetan ikan dan biota air (bukan udang) dalam kaleng, industri pengolahan dan pengawetan udang kaleng, industri pembekuan biota air lainnya, industri berbasis daging lumatan dan surimi, perdagangan besar hasil perikanan, dan perdagangan besar makanan dan minuman lainnya.

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT Toba Surimi Industries dimiliki oleh Gindra Tardy (32,55%), Bintarna Tardy (23,05%), Budi Satria Tardy (20,00%), Irsan Sudargo (10,77%), Sia Leng Hong alias Tony (10,38%), Erman (3,00%) dan Kok Kieng (0,25%).

×
Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!
Banner Image