Jadwal Rights Issue I dan Penggunaan Dana oleh Malacca Trust Wuwungan Insurance (MTWI)

Banner Image

britama.com, Jadwal Rights Issue I (Penambahan Modal Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu I / PMHMETD I) MTWI / Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk dan “tidak ada pembeli siaga”.

Sebanyak-banyaknya 1.398.667.523 Saham Baru akan diterbitkan dalam PMHMETD ini. Dengan rasio pembagian Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) adalah setiap 12 saham lama Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk yang dimiliki akan mendapatkan 11 HMETD, dimana setiap pemegang 1 HMETD berhak untuk membeli 1 Saham Baru MTWI dengan nilai nominal Rp100,- setiap saham, dengan harga pelaksanaan Rp100,- per saham.

Temukan Pilihan Terbaikmu!

Batavia Prosperindo Internasional Tbk (BPII) adalah Pemegang Saham Utama dan Pengendali Perseroan, menyatakan bahwa akan melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi haknya dalam PMHMETD I dengan jumlah saham HMETD sebesar 1.160.627.882 saham atau mewakili 82,98% dari PMHMETD I dengan Nilai Pelaksanaan sebesar Rp100,-.

Jika saham yang ditawarkan dalam PMHMETD I tidak sepenuhnya diambil oleh Pemegang Saham Perseroan atau pemegang HMETD yang berhak, sisanya akan dialokasikan kepada Pemegang HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya. Hal ini dilakukan secara proporsional dengan ketentuan: (i) jika jumlah seluruh Saham Baru yang dipesan termasuk pemesanan Saham Baru tambahan tidak melebihi jumlah seluruh saham yang ditawarkan dalam PMHMETD I, maka seluruh pesanan atas Saham Baru tambahan akan dipenuhi, dan (ii) jika jumlah seluruh Saham Baru yang dipesan, termasuk pemesanan Saham Baru tambahan melebihi jumlah seluruh Saham Baru yang ditawarkan dalam PMHMETD I, maka akan diterapkan sistem penjatahan secara proporsional kepada pemesan yang melakukan pemesanan Saham Baru tambahan, berdasarkan atas jumlah HMETD yang telah dilaksanakan oleh masing-masing pemegang saham atau pemegang HMETD yang meminta pemesanan Saham Baru tambahan. Apabila setelah alokasi tersebut masih terdapat sisa HMETD yang tidak dilaksanakan, maka tidak akan dikeluarkan saham Perseroan dari portepel terhadap seluruh HMETD yang tersisa.

Rencana Penggunaan Dana yang di peroleh dari hasil PMHMETD I setelah di kurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja dengan menambah portofolio investasi guna meningkatkan kapabilitas risiko beban sendiri (owned retention), hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya tampung atas setiap risiko yang diserap, dan selanjutnya memperbesar premi bersih yang diterima. Penambahan portofolio investasi akan meningkatkan Rasio Solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC) serta Rasio Kecukupan Investasi (RKI) dalam rangka mendukung pertumbuhan usaha Perseroan. Dana-dana tersebut akan ditempatkan dalam instrumen-instrumen investasi seperti deposito, obligasi, saham dan lain-lain sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

Untuk diketahui, pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk sebelum PMHMETD I ini yaitu: Batavia Prosperindo Internasional Tbk (BPII) (82,98%) dan PT Ilthabi Rekatama (5,22%).

Adapun jadwal kegiatan Rights Issue I tersebut sebagai berikut:

  • 26-Des-2022: Cum HMETD di Pasar Reguler dan Nego
  • 27-Des-2022: Ex HMETD di Pasar Reguler dan Nego
  • 28-Des-2022: Cum HMETD di Pasar Tunai
  • 29-Des-2022: Ex HMETD di Pasar Tunai
  • 28-Des-2022: Daftar Pemegang Saham yang berhak menerima HMETD
  • 29-Des-2022: Distribusi HMETD
  • 30-Des-2022: Pencatatan HMETD di Bursa Efek Indonesia (BEI)
  • 30-Des-2022 s/d 05-Jan-2023: Periode Perdagangan HMETD
  • 30-Des-2022 s/d 05-Jan-2023: Periode Pelaksanaan HMETD
  • 03 s/d 09 Jan-2023: Periode Penyerahan Saham Hasil Pelaksanaan HMETD
  • 09-Jan-2023: Terakhir Pembayaran Pemesanan Saham Tambahan
  • 10-Jan-2023: Penjatahan Efek Tambahan
  • 12-Jan-2023: Pengembalian Uang yang tidak memperoleh Penjatahan

Banner Image