Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI) Mengeluarkan 4,6 Miliar Saham Baru dalam Rights Issue I (PMHMETD I)

Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!

britama.com, Jadwal Rights Issue I (Penambahan Modal Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu I / PMHMETD I) Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI) danPT BCA Sekuritas (SQ) sebagai pembeli siaga”.

Sebanyak-banyaknya 4.611.764.800 Saham Baru akan diterbitkan dalam PMHMETD ini. Dengan rasio pembagian Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) adalah setiap 625 saham lama Midi Utama Indonesia Tbk yang dimiliki akan mendapatkan 100 HMETD, dimana setiap pemegang 1 HMETD berhak untuk membeli 1 Saham Baru MIDI dengan nilai nominal Rp10,- setiap saham, dengan harga pelaksanaan Rp270,- per saham.

Setiap HMETD dalam bentuk pecahan akan dibulatkan ke bawah (round down).

Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) selaku Pemegang Saham Utama Perseroan dan pemegang saham sebanyak 25.775.473.000 lembar saham atau mewakili 89,43% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan telah menyatakan tidak akan melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi haknya dalam PMHMETD I namun AMRT akan mengalihkan HMETD yang dimiliknya kepada PT BCA Sekuritas (SQ) selaku Agen Penjual untuk kemudian ditawarkan kepada investor untuk dilaksanakan guna meningkatkan kepemilikan publik dan memenuhi ketentuan minimum proporsi saham publik. Sehubungan dengan hal tersebut, sebagai Agen Penjual, PT BCA Sekuritas bukan merupakan pihak yang berkomitmen untuk melaksanakan HMETD yang dibelinya dari AMRT mengingat HMETD tersebut.

Jika Saham Baru yang ditawarkan dalam PMHMETD I ini tidak seluruhnya diambil atau dibeli oleh pemegang saham Perseroan atau Pemegang HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada Pemegang HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya secara proporsional berdasarkan atas jumlah HMETD yang telah dilaksanakan oleh masing-masing pemegang saham yang meminta penambahan efek berdasarkan Harga Pelaksanaan. Apabila setelah alokasi tersebut masih terdapat sisa saham yang ditawarkan, maka Pembeli Siaga, telah sepakat untuk mengambil bagian sisa saham yang tidak diambil oleh para pemegang saham sebanyak-banyaknya sebesar 1.614.117.680 dari Sisa Saham.

Rencana Penggunaan Dana yang di peroleh dari hasil PMHMETD I setelah di kurangi biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan untuk, sebagai berikut:

  1. Sekitar 70% untuk modal kerja Perseroan guna mendukung kegiatan usaha Perseroan yang termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran ke pemasok atas persediaan barang dagangan, pembayaran kegiatan promosi, pengangkutan barang dagangan, biaya perbaikan, pemeliharaan dan biaya operasional lainnya; dan
  2. Sekitar 30% untuk belanja modal dimana sebesar 65% dari dana tersebut akan dipergunakan untuk pengembangan gerai Perseroan di seluruh cabang Perseroan dan sebesar 35% akan dipergunakan untuk pengembangan gudang Perseroan di Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Utara.

Untuk diketahui, pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Midi Utama Indonesia Tbk sebelum PMHMETD I ini yaitu: Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) dengan persentase kepemilikan sebesar 89,43%.

Adapun jadwal kegiatan Rights Issue I tersebut sebagai berikut:

  • 05 Juli 2023: Cum HMETD di Pasar Reguler dan Nego.
  • 06 Juli 2023: Ex HMETD di Pasar Reguler dan Nego.
  • 07 Juli 2023: Cum HMETD di Pasar Tunai.
  • 10 Juli 2023: Ex HMETD di Pasar Tunai.
  • 07 Juli 2023: Daftar Pemegang Saham yang berhak menerima HMETD.
  • 10 Juli 2023: Distribusi HMETD.
  • 11 Juli 2023: Pencatatan HMETD di Bursa Efek Indonesia (BEI).
  • 11-17 Juli 2023: Periode Perdagangan HMETD.
  • 11-17 Juli 2023: Periode Pelaksanaan HMETD.
  • 13-20 Juli 2023: Periode Penyerahan Saham Hasil Pelaksanaan HMETD.
  • 20 Juli 2023: Terakhir Pembayaran Pemesanan Saham Tambahan.
  • 21 Juli 2023: Penjatahan Efek Tambahan.
  • 25 Juli 2023: Pengembalian Uang yang tidak memperoleh Penjatahan.