Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE)

toko.britama.com - Temukan Pilihan Terbaikmu!

britama.com, Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE) dilakukan oleh PT MNC Sekuritas (EP) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan PT Erdikha Elit Sekuritas (AO) selaku Penjamin Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (full commitment) terhadap Penawaran Umum Perdana Saham ini.

Adapun Jadwal Penawaran Umum Perdana Saham sebagai berikut:

Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!
  • 29 Desember 2023: Efektif
  • 03 – 08 Januari 2024: Masa Penawaran Umum
  • 08 Januari 2024: Tanggal Penjatahan
  • 09 Januari 2024: Distribusi Saham dan Waran Seri I Secara Elektronik
  • 10 Januari 2024: Pencatatan Saham dan Waran Seri I di BEI
  • 06 Januari 2025: Akhir Perdagangan Waran Seri I Pasar Reguler & Negosiasi
  • 08 Januari 2025: Akhir Perdagangan Waran Seri I Pasar Tunai
  • 10 Juli 2024 – 09 Januari 2025: Masa Pelaksanaan Waran Seri I
  • 09 Januari 2025: Akhir Masa Berlaku Waran Seri I

PT Sinergi Multi Lestarindo menawarkan sebanyak 465.625.000 lembar saham baru atau sebanyak 20,00% dari jumlah modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana (IPO) dengan Nilai Nominal Rp10,- dan Harga Penawaran sebesar Rp175,- per saham. Jumlah seluruh nilai Penawaran Umum Perdana Saham ini adalah sebanyak Rp81.484.375.000,-.

Selain itu, PT Sinergi Multi Lestarindo juga akan menerbitkan sebanyak 232.812.500 lembar Waran Seri I dengan rasio pembagian setiap pemegang 2 saham baru berhak atas 1 Waran Seri I, dimana setiap 1 waran memberikan hak untuk membeli 1 saham baru dengan harga pelaksanaan sebesar Rp200,- per saham. Nilai hasil pelaksanaan Waran Seri I adalah sebanyak-banyaknya Rp46.562.500.000,-.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum, setelah dikurangi biaya-biaya emisi yang terkait dengan Penawaran Umum akan digunakan seluruhnya oleh PT Sinergi Multi Lestarindo untuk, sebagai berikut:

  1. Sekitar Rp6 miliar untuk pembelian 1 gudang khusus bahan baku di daerah kawasan industri dan pergudangan terpadu Laksana Business Park di daerah Tangerang, Banten, Jl. Raya Kali Baru, Laksana, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten, 15570 yang peruntukannya terbagi menjadi 3 bagian gudang khusus bahan baku yaitu
    • Sekitar Rp2 miliar untuk pembelian gudang khusus bahan baku specialty food ingredients untuk memfasilitasi pertumbuhan modal kerja.
    • Sekitar Rp2 miliar untuk pembelian gudang khusus bahan baku specialty personal care & cosmetics untuk memfasilitasi pertumbuhan modal kerja.
    • Sekitar Rp2 miliar untuk pembelian gudang khusus bahan baku specialty industrial chemicals untuk memfasilitasi pertumbuhan modal kerja.
  2. Sekitar Rp3,4 miliar untuk pengembangan lab Research & Development Perseroan untuk dapat menghasilkan prototipe dan formulasi yang lebih cepat dan variative dengan tujuan untuk menunjang permintaan dari masing-masing pelanggan terkait spesifikasi bahan baku yang dibutuhkan, di antaranya:
    • Sekitar Rp2 miliar untuk pembelian peralatan laboratorium Research & Development yang akan digunakan dalam Lab Food Ingredients seperti HPLC, Viskometer, Colorimeter, pH Meter, Incubator, Spektrofotometer UV-Vis, Homogenizer, Autoclave, Laminar Flow Cabinet, Oven, Vortex Mixer, Timbangan Analitic, Colony Counter.
    • Sekitar Rp1,4 miliar untuk pembelian peralatan laboratorium Research & Development yang akan digunakan dalam Lab Personal Care seperti alat Viscometer, Ph Meter, Oven Lab, MultiMix HSM, Hotplate, A&D Analytical Electronic Balance, A&D Precision Balance, water bath with rack, Digital Mechanical Overhead, Lab Mixer, Automated UV Transmittance, Skin Analyzer, Lemari Penyimpanan Sample Parfum.
  3. Sisanya untuk modal kerja berupa pembelian bahan baku yang akan digunakan pada unit bisnis food ingredients, personal care & cosmetics ingredients, serta industrial chemical ingredients.

Sedangkan dana yang diperoleh dari pelaksanaan Waran Seri I, jika dilaksanakan oleh pemegang waran akan digunakan untuk modal kerja berupa pembelian bahan baku yang akan digunakan pada unit bisnis food ingredients, personal care & cosmetics ingredients, serta industrial chemical ingredients.

PT Sinergi Multi Lestarindo didirikan pada tanggal 18 Maret 2013 dan berlokasi di Business Park Kebon Jeruk Blok I 5-6 Jl. Raya Meruya Illir, Kav.88, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat 11620, Indonesia. Saat ini, kegiatan utama PT Sinergi Multi Lestarindo adalah perdagangan bahan kimia khusus untuk bahan baku makanan & minuman, bahan baku perawatan diri, dan bahan baku kimia industri.

Sebelum Penawaran Umum Perdana (IPO), saham PT Sinergi Multi Lestarindo dimiliki oleh PT Sinergi Asia Corporindo (96,77%), Yulia Rosaline (1,61%) dan Tanti Royani (1,61%).