PT Ecocare Indo Pasifik (HYGN) Mengumumkan Rencana Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham Baru

Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!

britama.com, PT Ecocare Indo Pasifik (HYGN) telah mengumumkan rencananya untuk mengadakan Penawaran Umum Perdana (IPO) dengan menawarkan sebanyak-banyaknya 525.000.000 saham baru, yang mewakili 20,79% dari modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan setelah IPO. Setiap saham memiliki nilai nominal sebesar Rp20,- dan harga penawaran berkisar antara Rp135,- hingga Rp145,- per saham. Dana yang diperoleh dari IPO ini mencapai Rp76.125.000.000,-.

Dalam rangka pelaksanaan IPO ini, PT Ecocare Indo Pasifik telah menunjuk PT KGI Sekuritas Indonesia (HD) sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek yang menjamin seluruh penawaran saham secara kesanggupan penuh terhadap penawaran umum.

Adapun Jadwal Perkiraan Penawaran Umum Perdana Saham (IPO), sebagai berikut:

  • 19 – 24 Januari 2024: Masa Penawaran Awal (Bookbuilding)
  • 31 Januari 2024: Efektif
  • 01 – 05 Februari 2024: Masa Penawaran Umum
  • 05 Februari 2024: Tanggal Penjatahan
  • 06 Februari 2024: Distribusi Saham Secara Elektronik
  • 07 Februari 2024: Pencatatan Saham di BEI

Dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham ini seluruhnya akan digunakan oleh PT Ecocare Indo Pasifik untuk, sebagai berikut:

  1. Sekitar 13,50% atau sebesar Rp8.800.000.000,- untuk pembelian gudang seluas 2.214 (termasuk tanah) meter yang terletak di Jalan Raya Cijayanti RT 01 RW 06, Babakan Madang, Bogor (Gudang Cijayanti) yang saat ini telah digunakan sebagai gudang dari pihak afiliasi (Bpk. Hendrik Yong selaku Komisaris Utama dan Pemegang Saham Pengendali Perusahaan) dengan nilai jual gudang sebesar Rp8.800.000.000,- dimana seluruh pembayaran atas pembelian gudang tersebut akan menggunakan dana hasil Penawaran Umum.
  2. Sekitar 49,20% untuk modal kerja, termasuk namun tidak terbatas pada (i) penjualan dan pemasaran; (ii) pengembangan organisasi seperti penguatan dan penambahan sumber daya manusia Perusahaan dan inovasi produk/teknologi baru; (iii) pembelian alat kerja consumable/material ecoCare; dan (iv) beban operasional.
  3. Sekitar 18,50% untuk belanja modal dengan rincian sebagai berikut: (i) untuk pembelian unit-unit versi baru ecoCare seperti unit air freshener, sanitizer, bin dan floormats, dan lain lain; (ii) untuk pembelian unit-unit baru ecoCare untuk peremajaan unit-unit lama seperti unit air freshener, sanitizer, bin dan floormats, dan lain lain; dan (iii) untuk pembelian kendaraan operasional roda dua dan empat yaitu sebanyak 5 unit tipe Grand Max Blind Van dan 5 unit Mitsubishi L300.
  4. Sekitar 10,80% untuk penyetoran modal kepada Perusahaan Anak, yaitu PT Tukang Bersih Indonesia, yang selanjutnya akan digunakan oleh PT Tukang Bersih Indonesia sebagai modal kerja diantaranya untuk pembayaran gaji dan tunjangan karyawan, pembelian alat dan bahan pendukung kegiatan operasional serta untuk membiayai kegiatan operasional.
  5. Sekitar 8,00% untuk penyetoran modal kepada Perusahaan Anak, yaitu PT Indocitra Pacific, yang selanjutnya akan digunakan oleh PT Indocitra Pacific sebagai modal kerja diantaranya untuk kegiatan operasional PT Indocitra Pacific diantaranya pembelian alat kerja dan chemical serta inventory pest control.

PT Ecocare Indo Pasifik didirikan pada tanggal 23 November 2006 dengan nama “PT Indocare Pacific”, sebuah Perusahaan yang bergerak dalam bidang perdaganganbesar peralatan dan perlengkapan rumah tangga, perdagangan besar berbagai barang dan perlengkapan rumah tangga lainnya, aktivitas perusahaan holding dan aktivitas kebersihan umum bangunan. Saat ini kegiatan utama PT Ecocare Indo Pasifik adalah menjalankan usaha jasa pengelolaan dan penyewaan alat-alat higienitas dan sanitasi ruangan beserta produk pendukungnya, serta jasa pengendalian hama dan jasa kebersihan melalui Entitas Anak. Berkantor pusat di Gedung Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No. 45 Blok A No. 55, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan 12850 – Indonesia.