Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham PT Ancara Logistics Indonesia Tbk (ALII)

toko.britama.com - Temukan Pilihan Terbaikmu!

britama.com, Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT Ancara Logistics Indonesia Tbk (ALII) dilakukan oleh PT Ciptadana Sekuritas Asia (KI) dan PT Samuel Sekuritas Indonesia (IF) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan Penjamin Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (full commitment) terhadap Penawaran Umum Perdana Saham ini.

Adapun Jadwal Penawaran Umum Perdana Saham sebagai berikut:

Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!
  • 31 Januari 2024: Efektif
  • 01 – 05 Februari 2024: Masa Penawaran Umum
  • 05 Februari 2024: Tanggal Penjatahan
  • 06 Februari 2024: Distribusi Saham Secara Elektronik
  • 07 Februari 2024: Pencatatan Saham di BEI

PT Ancara Logistics Indonesia Tbk menawarkan sebanyak 3.165.160.000 lembar saham baru atau sebanyak 20,00% dari jumlah modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana (IPO) dengan Nilai Nominal Rp5,- dan Harga Penawaran sebesar Rp272,- per saham. Jumlah seluruh nilai Penawaran Umum Perdana Saham ini adalah sebanyak Rp860.923.520.000,-.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum, setelah dikurangi biaya-biaya emisi yang terkait dengan Penawaran Umum akan digunakan seluruhnya oleh PT Ancara Logistics Indonesia Tbk untuk, sebagai berikut:

  1. Sebesar 75,00% untuk memberikan pinjaman kepada Perusahaan Anak, yaitu PT Mahakam Coal Terminal, dimana dana tersebut akan digunakan oleh PT Mahakam Coal Terminal untuk pembayaran sebagian atau pelunasan pokok utang PT Mahakam Coal Terminal kepada OCP Asia Fund IV (SF 1) Pte. Limited dan OCP Asia Fund V (SF 1) Pte. Limited.
  2. Sekitar 20,64% untuk belanja modal (Capital Expenditure) guna menunjang kegiatan usaha utama Perusahaan, yaitu untuk pembelian tongkang sungai, sebagai berikut:
    • Sekitar 46,60% untuk pelunasan seluruh angsuran atas pembelian 8 buah tongkang sungai dan biaya pengiriman atau penarikan (towing) tongkang sungai tersebut.
    • Sekitar 53,40% untuk pembayaran atas seluruh nilai pembelian 7 buah tongkang sungai yang akan dibeli dari pihak ketiga dan biaya pengiriman atau penarikan (towing) tongkang sungai tersebut.
  3. Sisanya untuk modal kerja (Operational Expenditure) dalam rangka menunjang kegiatan operasional Perusahaan antara lain termasuk namun tidak terbatas untuk pembelian bahan bakar, pembayaran jasa operator kapal, pembayaran jasa keamanan, pembayaran jasa operator alat berat dan lainnya.

PT Ancara Logistics Indonesia Tbk didirikan pada tanggal 30 Juli 2019 dan berlokasi di Bakrie Tower Lantai 15, Komplek Rasuna Epicentrum, Jalan H.R. Rasuna Said, Kel. Karet Kuningan, Kec. Setiabudi, Kota Administrasi Jakarta Selatan, 12940, Indonesia. Saat ini, kegiatan utama PT Ancara Logistics Indonesia Tbk adalah menjalankan usaha jasa pengangkutan laut dan transshipment, serta Intermediate Stockpile melalui Perusahaan Anak.

Sebelum Penawaran Umum Perdana (IPO), saham PT Ancara Logistics Indonesia Tbk dimiliki oleh PT Graha Adika Niaga (41,09%), Solomed Capital Pte. Ltd. (39,48%), PT Borneo Logistik Indonesia (13,77%), Aninditha Anestya Bakrie (3,03%) dan Nalinkant Amratlal Rathod (2,63%).