Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) Catat Kinerja Luar Biasa pada Tahun 2022

Banner Image

britama.com, Mitra Adiperkasa Tbk (MAP atau IDX:MAPI) mencatat kinerja luar biasa pada tahun 2022 dengan pendapatan bersih yang meningkat 46,2% dari Rp18,4 triliun menjadi Rp26,9 triliun. Hal ini menandakan kinerja MAPI melampaui level sebelum pandemi COVID-19. Margin laba kotor juga meningkat sebesar 290 bps dari 41,8% menjadi 44,7%, sementara laba usaha melonjak menjadi Rp3,1 triliun dari Rp1,2 triliun. EBITDA tumbuh dari Rp3,4 triliun menjadi Rp5,4 triliun; sedangkan laba bersih meningkat tajam menjadi Rp2,5 triliun dari Rp467 miliar.

Di kuartal keempat 2022, MAPI berhasil mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp8,1 triliun, meningkat 23,5% dari kuartal sebelumnya. Laba bersih juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 29,4% menjadi Rp736,9 miliar dari kuartal sebelumnya. VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group, Ratih Darmawan Gianda mengatakan bahwa keberhasilan program vaksinasi pemerintah berdampak pada kembalinya aktivitas masyarakat di berbagai sektor, termasuk di pusat perbelanjaan dan tempat wisata.

Temukan Pilihan Terbaikmu!

Mitra Adiperkasa Tbk berhasil memanfaatkan peluang dari meningkatnya aktivitas masyarakat dengan memanfaatkan platform multi-channel, akselerasi program digitalisasi, dan meningkatkan penggunaan data analisis untuk memperdalam merchandise forecasting serta optimalisasi supply chain. Perusahaan juga memperkuat kemitraan strategis dengan brand internasional terkemuka dan telah berhasil membuka 10 gerai Foot Locker di Indonesia dan satu di Manila (Filipina) serta berekspansi ke Singapura dan Malaysia dengan Converse dan Reebok. Selain itu, MAPI berhasil mendapatkan kemitraan eksklusif untuk mengoperasikan Foot Locker di Thailand dan Filipina.

Platform omni-channel Mitra Adiperkasa Tbk merupakan inti dari strategi perusahaan, yang terintegrasi dengan baik antara gerai offline, kanal digital, atau marketplace. MAPI akan terus mengembangkan teknologi dan inovasi agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Perusahaan siap menghadapi tantangan ekonomi makro sehingga siap untuk melangkah lebih jauh. Keberhasilan ini membuktikan bahwa MAP ‘built to last’ dan mempersiapkan MAPI untuk meningkatkan pertumbuhan di masa mendatang.

Banner Image