Harum Energy Tbk (HRUM) dan Anak Perusahaan Menguatkan Investasi di Sektor Nikel

britama.com, Harum Energy Tbk (HRUM) melalui anak perusahaannya pada tanggal 26 September 2023 telah melakukan pembelian saham-saham yang dimiliki oleh Central Halmahera Holding Pte. Ltd. dalam PT Infei Metal Industry, mengukuhkan posisi HRUM dalam industri nikel.

Dalam transaksi yang berlangsung, PT Tanito Harum Nickel, yang merupakan anak perusahaan HRUM, telah membeli sebanyak 799.999 lembar saham, sementara PT Harum Nickel Perkasa membeli 1 lembar saham, masing-masing mewakili 50,999% dan 0,001% dari modal ditempatkan dan disetor PT Infei Metal Industry. Total nilai transaksi jual beli saham mencapai USD70.380.000,-.

PT Infei Metal Industry, sebuah perseroan terbatas yang berfokus pada pengolahan dan pemurnian nikel, mengoperasikan smelter nikel di Indonesia Weda Bay Industrial Park, provinsi Maluku Utara. Smelter ini memiliki kapasitas produksi terpasang tahunan sebesar 28.000 ton nikel dan telah beroperasi secara komersial sejak bulan April 2022. Selama tahun 2022, PT Infei Metal Industry mencatatkan pendapatan sebesar USD427.301.836,- dengan laba bersih sebesar USD59.024.441,-.

Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!
Temukan Pilihan Terbaikmu!

Pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi ini adalah PT Harum Nickel Perkasa dan PT Tanito Harum Nickel, sebagai pembeli, serta Central Halmahera Holding Pte. Ltd., sebagai penjual. PT Harum Nickel Perkasa adalah perseroan terbatas yang bergerak dalam aktivitas perusahaan holding dengan 99,95% saham dimiliki oleh HRUM. Sementara PT Tanito Harum Nickel, yang juga bergerak dalam bidang aktivitas perusahaan holding, 60% saham dimiliki oleh PT Harum Nickel Perkasa dan 39,58% saham dimiliki oleh HRUM.

Sebelum transaksi, Central Halmahera Holding Pte. Ltd. memiliki 51,0% saham PT Infei Metal Industry, sementara PT Tanito Harum Nickel memiliki 49,0% saham. Setelah transaksi, Central Halmahera Holding Pte. Ltd. tidak lagi memiliki saham PT Infei Metal Industry, sementara PT Tanito Harum Nickel memiliki 99,999% saham, dan PT Harum Nickel Perkasa memiliki 0,001% saham PT Infei Metal Industry.

Transaksi ini merupakan langkah strategis dalam upaya HRUM untuk memperkuat diversifikasi usaha melalui investasi di sektor nikel. Dari segi keuangan, dengan pembelian saham PT Infei Metal Industry oleh PT Tanito Harum Nickel dan PT Harum Nickel Perkasa, laporan keuangan PT Infei Metal Industry akan dikonsolidasikan dalam laporan keuangan konsolidasian HRUM sebagai entitas anak. Dengan demikian, laporan keuangan konsolidasian HRUM di masa mendatang diharapkan akan lebih mencerminkan kontribusi kinerja keuangan PT Infei Metal Industry, baik dari peningkatan kepemilikan saham HRUM maupun hasil konsolidasi kinerja keuangan perusahaan tersebut.