Harum Energy (HRUM) Memberikan Pendanaan Sebesar USD300 Juta untuk Proyek PT Blue Sparking Energy

Banner Image

britama.com, Perusahaan pertambangan Harum Energy Tbk (HRUM) telah memberikan pendanaan sebesar USD300 juta kepada entitas anak perusahaan guna mendukung investasi dalam PT Blue Sparking Energy. Transaksi ini bertujuan untuk membiayai proyek pengolahan dan pemurnian nikel yang sedang dikembangkan oleh PT Blue Sparking Energy di Indonesia Weda Bay Industrial Park, Kabupaten Halmahera Tengah.

Proyek tersebut merupakan high-pressure acid leaching yang dirancang untuk memproduksi nickel-cobalt hydroxide intermediate product (MHP) dengan kapasitas terpasang tahunan sekitar 67.000 ton (+10%) setara nikel dan sekitar 7.500 ton (+10%) kobalt, termasuk fasilitas dan infrastruktur pendukungnya.

Temukan Pilihan Terbaikmu!

Aliran dana dari HRUM kepada entitas anak perusahaan untuk proyek ini dilakukan melalui PT Harum Nickel Perkasa (HNP) dan selanjutnya ke PT Tanito Harum Nickel (THN) dalam bentuk pinjaman, sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat antara pihak-pihak terkait. HNP dan THN, keduanya merupakan perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia, yang bergerak dalam aktivitas perusahaan holding dan investasi pada pertambangan nikel dan pengolahannya.

Penting untuk dicatat bahwa HNP dan THN adalah pihak terkendali yang sahamnya dimiliki paling sedikit 99% secara langsung maupun tidak langsung oleh HRUM.

Tujuan dari transaksi ini adalah untuk mendukung investasi entitas anak perusahaan dalam proyek yang sedang dikembangkan oleh PT Blue Sparking Energy. Dana yang diterima oleh PT Tanito Harum Nickel akan selanjutnya dialirkan kepada PT Blue Sparking Energy sebagai bagian dari dana pinjaman.

Transaksi ini merupakan bentuk investasi yang sesuai dengan kegiatan usaha utama HNP dan THN, sejalan dengan anggaran dasar keduanya sebagai perusahaan holding yang berfokus pada menghasilkan pendapatan usaha. Investasi ini juga dijalankan secara berkelanjutan untuk mendukung modal kerja dan investasi entitas anak perusahaan terkait.

Banner Image